Monday, April 16, 2012

Cara Membuat Keputusan di Bawah Tekanan?

Mundur Satu Langkah Untuk Maju Ke Delapan Penjuru



Kalau saat ini sebuah keputusan penting harus Anda ambil namun justru di saat yang sama pikiran Anda malah di liputi rasa cemas akan anak-anak Anda yang sedang mengikuti Ujian Nasional, lebih baik tunda pengambilan keputusan itu sampai nanti. Beberapa studi menunjukkan bahwa stres secara signifikan mempengaruhi pengambilan keputusan. Terlebih lagi, pria dan wanita bereaksi secara berbeda terhadap stres.

Sebuah studi 2009 oleh Lighthall dan rekan dari Unversity of Southern California memberikan gambaran  sejauh mana jenis kelamin menentukan perbedaan pada pengambilan keputusan. Para peneliti telah melibatkan 45 responden memainkan permainan balon sebagai evaluasi risiko-hadiah yang terselubung: tujuannya adalah untuk memenangkan hadiah uang yang paling banyak dengan memompa balon. Namun seiring balon mengembang sebagai nilai, demikian pula risiko itu bermunculan.

Pria dan wanita melakukan permainan dalam skenario yang tanpa tekanan, ketika mereka bermain dalam keadaan setelah stres (tangan mereka dibenamkan dalam air dingin), hasil pun bergeser. Pria menanggapi stres dengan mengambil lebih banyak risiko (12,5% memompa balon lebih banyak), sementara perempuan menekankan mengambil risiko yang lebih sedikit (21% memompa balon lebih sedikit).

Bagaimana mentransfer model menghindari risiko dalam kehidupan nyata? Sebuah studi 2011 dari University of California Davis melihat satu kehidupan nyata dengan beban - investasi merupakan aktivitas berisiko tinggi terukur (perdagangan). Dari 27.000 investor, pria-lah yang membuat perdagangan 45% lebih banyak pada portofolio mereka.Tingkat perdagangan tinggi menyebabkan kinerja buruk, menyebabkan investor laki-laki kehilangan nilai lebih pada portofolio mereka daripada investor perempuan.

Penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mencari bias gender yang mungkin dalam pekerjaan lain, tetapi penelitian Universitas Davis adalah awal yang menarik. Sebagaimana ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang proses yang terlibat dalam pengambilan keputusan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa keputusan yang Anda buat dengan jelas dan tenang.

Tips untuk membuat keputusan jelas dan tenang.

Pikirkan konsekuensi masing-masing sebelum Anda membuat keputusan. Hadiahi diri Anda sendiri untuk setiap kali membuat pilihan yang baik. Melakukan permainan seperti Adu Kecepatan misalnya adalah latihan yang bagus untuk tetap akurat dan tenang dalam situasi sensitif terhadap waktu. Anda dapat mencoba Route to Sproute, permainan yang dapat membantu dengan perencanaan strategis dan pemecahan masalah. Membuka akses penuh dan tetap tenang serta jernih dalam semua pengambilan keputusan Anda.


Sumber : www.lumosity.com

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.