Tuesday, April 10, 2012

Bahagia Itu Tidak Korupsi

World Happiness Report

Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  merilis hasil survei yang sangat menarik yaitu World Happiness Report, yang memuat sepuluh negara yang penduduknya paling bahagia dan sepuluh negara yang paling tidak bahagia.

Sepuluh negara yang warganya paling bahagia adalah Denmark, Finlandia, Norwegia, Belanda, Kanada, Swiss, Swedia, Selandia Baru, Australia dan Irlandia. Sedangkan sepuluh bangsa paling tidak bahagia adalah Togo, Benin, Republik Afrika Tengah, Siera Leone, Burundi, Comoros, Haiti, Tanzania, Kongo dan Bulgaria.

Laporan survei itu menekankan bahwa kekayaan bukan jaminan utama untuk bahagia. Disebutkan faktor-faktor sosial yang membuat masyarakat menjadi bahagia diantanya kuatnya dukungan sosial, ketiadaan korupsi, dan lebih penting lagi kebebasan pribadi.

Jeffery Sacht pesohor ahli ekonomi di Columbia University, New York, AS, yang juga salah satu editor laporann "World Happiness Report" mengemukakan, kebahagiaan di suatu negara bisa dicapai meski tidak diikuti kemampuan ekonomi. Bahkan Gross National Product (GNP atau Produk Nasional Bruto tidak bisa mendorong kebahagiaan.

Jeffery Sacht mencontohkan Amerika Serikat yang GNP per kapitanya meningkat tiga kali lipat sejak tahun 1960, namun tingkat kebahagiaan warganya malah tidak bertambah. "Negara-negara lain telah mengejar kebijakan-kebijakan lain dan mencapai tingkat kehabagiaan yang lebih besar, bahkan di level pendapatan per kapita yang lebih rendah," jelasnya.

Laporan survei itu juga mencantumkan sejumlah usulan praktis bagi pemerintah untuk menciptakan kebahagiaan bagi warga negara mereka, diantaranya; membantu warga memenuhi kebutuhan dasar mereka, menjalankan sistem sosial, dan memperbaiki layanan kesehatan jiwa.

Sekarang masalahnya, siapkah pemerintah Republik Indonesia tercinta ini menjalankan usulan tersebut? Minimal melupakan Pasal 7 ayat 6a UU APBN-P 2012, seperti keinginan hampir sebagian besar bangsa ini. 

2 comments:

  1. bener banget gan korupsi mank gk bahagia.hehehe
    http://www.info-yazid.com/2012/04/tips-menulis-background-atau-latar.html

    ReplyDelete
  2. @Yazid Fahmi; sayangnya tidak korupsi belum menjadi komitmen bersama di level maanapun di negeri ini...

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.