Wednesday, April 18, 2012

Terapi Pijat Bayi Makin Populer

Sentuhan Cinta yang Lembut Berasal dari Hati ke Hati


Terapi sentuh tertua dan terpopuler di belahan bumi manapun tiada lain berupa pemijatan. Pemijatan bisa dilakukan siapapun, kapanpun dan dimanapun yang telah memahami teknik dasar-dasar memijat seperti mendorong, mencubit, meremas dan menggetarkan.

Teknik-teknik memijat tersebut dapat dipelajari dengan mudah baik secara autodidak dengan membaca atau  hanya berdasar pengalaman pernah dipijat dan melakukan imitasi gerakan. Jadi siapapun yang pernah di pijat pasti bisa melakukan pemijatan seperti dilakukan di Spa atau rumah pijat. 

Kalau akhir-akhir ini terapi pemijatan menjadi populer di kota-kota besar itu karena pijat plus-plus bagi orang dewasa. Entah apanya yang plus-plus itu. Mungkin karena dilakukan wanita-wanita cantik dengan bayaran tertentu, di tempat tertentu dan layanan tertentu juga.

Tak kalah populer dari pijat plus-plus kini muncul pijat bayi. Pijat bayi ini sebenarnya sudah sejak zaman dahulu dipraktekan sebagai cara untuk mendapatkan tumbuh kembang bayi yang sehat. 

Pijat bayi merupakan salah satu bentuk dari terapi yang diberikan kepada bayi dengan penuh pengertian, rasa kasih sayang dari orang tua, untuk memperoleh rasa nyaman seperti sewaktu bayi dalam kandungan. Demikian diungkapkan Daniel Sadana, Fisioterapis Anak RS. Azra pada Workshop Pijat Bayi Sehat (7 April 2012).

"Pijat bayi dapat dilakukan kapanpun juga sesuai dengan keinginan orag tua. Paling baik dilakukan setiap hari sampai dengan usia 7 bulan. Usahakan bayi dalam keadaan senang, rileks dan mau dipijat," terang Daniel.

Kendatipun dapat dilakukan setiap hari, dalam beberapa kondisi bayi tidak boleh dipijat, diantaranya; dalam keadaan demam (suhu > 37), keadaan tidak nyaman, dan pada daerah oedem (bengkak).

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memijat bayi, tangan harus bersih dan bebas dari perhiasan yang dapat menggores. Sebelum memijat tangan juga dihangatkan dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan.  

Dengan memberikan sentuhan fisik berupa pemijatan, orang tua dapat menunjukkan rasa kasih dan sayang hanya dengan belaian. Berikut adalah beberapa manfaat pijat bayi selain dapat lebih mempererat ikatan batin antara anak dan orang tua:
  • Meningkatkan berat badan
  • Meningkatkan pertumbuhan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membuat bayi tidur lelap dan meningkatkan kesiagaan
  • Membina keterikatan orang tua dan anak
  • Memperbaiki sirkulasi darah dan pernapasan
  • Mengurangi depresi dan ketegangan
  • Mengurangi kembung dan kolik
  • Merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan

BACA JUGA:
Waspadai Penyalahgunaan Obat Perangsang
Siasat Agar Terlihat Tinggi Semampai
9 Tips Pencegahan Penuaan Dini
Mitologi Buaya Biru pada Suluk Linglung Sunan Kali...
Seni Mehndi Sebenarnya Untuk Calon Pengantin
Panduan Pengeritingan Bulu Mata

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.