Sunday, April 29, 2012

Waspadai Topeng Monyet Tuberkolosis Positif

Jangan Jadi Korban Karena Tidak Tahu


Tuberkolosis (TB) dan rabies merupakan penyakit yang dapat ditularkan oleh monyet ke manusia. Penelitian yang dilakukan IPB di Bali, monyet di salah satu objek wisata positip terjangkit TB, demikian pula warga di sekitarnya.

Pemerintah terkesan kurang tanggap terkait isu-isu seperti itu karena belum ada kasus-kasus besar yang terkuak. Pemerintah cenderung heboh soal antraks, flu burung dan rabies. Padahal bukan hanya penyakit tersebut saja yang dapat ditularkan oleh hewan ke manusia.

Monyet atau hewan liar membawa sejumlah penyakit cukup berbahaya. Terutama jika hewan itu tidak pernah diperiksa dan berada di lingkungan yang tidak sehat seperti jalanan pada topeng monyet. Topeng monyet cenderung dieksploitasi, kurang mendapat asupan makanan yang layak, dan hidup di kawasan padat penduduk dengan pemiliknya.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, Dr drh Heru Setijanto mengatakan, masyarakat dan instansi terkait seharusnya mewaspadai keberadaan topeng monyet yang mulai marak di pinggir beberapa ruas jalan atau perempatan jalan dan bahkan masuk ke pemukiman penduduk atau perumahan. 

Diketahui ada sekitar 1.415 penyakit yang ditularkan oleh hewan ke manusia yang mengancam manusia dengan tren penyerangan yang mengalami peningkatan. (PR, 24 April 2012)

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.