Wednesday, May 23, 2012

Indonesia Dipimpin Pemimpin Egois

Dicari Pemimpin Berkarakter!



Keluh kesah para pemimpin nasional di berbagai lembaga menunjukkan kalau mereka sebenarnya belum selesai dengan kebutuhan pribadinya. Maka praktis jabatan yang disandangnya hanya alat pemuas kebutuhan tersebut.

Para pemimpin yang mengobral keluh kesah seolah tidak menyadari kalau tingkah mereka menimbulkan suasana muram dan sikap pesimistis, bahkan terkesan kalau mereka tidak bisa diandalkan. Para pemimpin nasional itu perlu mengubah pola pikirnya, kata Rektor Universitas Paramadina, Anis Baswedan. 

"Hari ini bangsa kita dipenuhi peminpin yang tidak bisa diandalkan. Pemimpin kita yang tidak bisa mengambil keputusan. Tapi, karena pemimpin kita yang salah, kita salahkan semua elemen bangsa ini. Itu tidak bisa. Bangsa ini masih punya semangat (maju)," kata Anis di Universitas Islam Indonesia, Selasa 8 Mei 2012 (PR, 9 Mei 2012).

Menurut Anies, dalam situasi seperti sekarang ini, mengganti para pemimpin yang belum selesai dengan dirinya sendiri atau tak berkarakter maupun pemimpin yang pekerjaannya berkeluh-kesah, tidak menyelesaikan masalah. Masalah yang dihadapi bukan sekadar mengganti para pemimpinnya, melainkan bagaimana menyiapkan angkatan pemimpin baru dari kalangan mahasiswa dan mengubah pola pikir kepemimpinan agar saat mereka memimpin tak menjadi beban bangsa.

Sepeninggal Presiden Soekarno dan Soeharto, bangsa ini belum lagi dipimpin oleh figur yang kuat, memiliki jiwa kebangsaan, dan visioner.

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.