Minggu, 27 Mei 2012

Belajar Penerimaan Siswa Baru OnLine dari Yogya

Pendidikan Untuk Semua


Tidak pernah terbayangkan sebelumnya kalau saya akan menginjakkan kaki di Yogyakarta lagi setelah singgah di kota ini karena terbawa rombongan studi banding Pramuka ke Bali tahun 2000 lalu. Kali ini pun saya ke Yogyakata karena sebuah studi banding soal penyelenggaraan PSB OnLine di Yogya, jadi sengaja datang ke kota ini dan bukan sekedar mampir seperti saat itu.  

Sebenarnya posisi saya hanya mewakili Kepala Sekolah yang berhalangan hadir, alasan penunjukan saya bahwa saya yang harus berangkat karena saya dipandang tidak asing dengan komputer dan dunia maya. Padahal seminggu sebelumnya saya juga baru pulang dari Bandung untuk urusan komputer dan multi media pendidikan. 

Ternyata keterampilan yang dipelajari secara autodidak ini sedemikian besarnya diapresiasi oleh pimpinan, sehingga setiap ada pelatihan yang membutuhkan latar belakang komputer atau dunia maya saya diberi kesempatan belajar. Melalui media ini saya ingin sampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala SDN Gunungpuyuh CBM Sukabumi, Hj Neni Mulyaningsih, M.MPd. 

Kembali ke PSB OnLine, Sukabumi pada tahun 2012 akan mencoba merintis Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara OnLine bagi siswa yang akan melanjutkan sekolah ke SMP atau SMA. Dengan PPDB OnLine diharapkan berkurangnya kerumunan di sekolah pada setiap awal tahun ajaran.

Wakil Walikota, DR Mulyono, MM  pada kata pengantar studi banding di Kantor Dinas Pendidikan Yogyakarta,  Kamis 24 Mei 2012, mengemukakan adanya tiga lintasan kritis di dunia pendidikan yang selalu harus dilalui tanpa riak dan gejolak.  Lintasan kritis itu berupa Ujian Nasional (UN), Pembagian Tabungan dan Penerimaan Peserta Didik Baru. 

Senada dengan yang dikemukakan Wakil Walikota Sukabumi, Kepala Dinas Pendidikan Yogyakarta Drs Edy Heri Suasana, M.Pd mengemukakan alasan dilakukannya Penerimaan Siswa Baru (PSB) OnLine  juga karena menghindari kerumunan orangtua murid di sekolah, selain juga menghindari intervensi birokrasi pejabat atau lembaga lain yang sering memaksakan calon siswa baru melalui titipan-titipan.

Tahun 2012 adalah tahun ke tujuh kota Yogyakarta melaksanakan PSB OnLine dan pada tahun ini baru akan dimulai untuk jenjang masuk ke sekolah dasar. Melalui PSB OnLine, mendaftarkan sekolah menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun dari rumah masing-masing. Bahkan dengan hanya menggunakan handphone BB (blackberry) pun sudah dapat melakukan pendaftaran dan mengikuti perkembangan PSB OnLine ini.

Penerimaan Siswa Baru (PSB OnLine) untuk SMP dan SMA diseleksi dari hasil nilai Ujian Nasional, sedangkan untuk siswa Sekolah Dasar  menggunakan usia wajib belajar yaitu 7 - 12 tahun. Bagi siswa kurang dari 7 tahun juga dapat diterima melalui penyaringan Siswa Cerdas Istimewa. 

"Dengan PSB OnLine akan terhindar kecurangan-kecurangan, karena setiap orang dapat melihat secara terbuka siapa saja yang mendaftar dan skor nilai Ujian Nasionalnya. Bila terjadi rekayasa hasil nilai Ujian Nasional akan dengan mudah diketahui terutama oleh teman sekelas siswa tersebut, dan bila ini dilakukan yang akan malu dan rugi adalah orang tua siswa bersangkutan,"  tutur  Drs Edy Heri Suasana, M.Pd.

Menutup tulisan ini saya haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Dinas Pendidikan Kota Jogjakarta, Kejaksaan Negeri Yogyakarta, SMPN 5 dan SMAN 3 Yogyakarta yang telah membuka pintu demikian lebar menyambut kedatangan rombongan Guru SD, SMP, SMA, Perwakilan MUI, Pejabat Dinas Pendidikan, Wartawan,  Komisi C DPR dan Kepala Kejaksaan dari Kota Sukabumi. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.