Monday, May 14, 2012

Pahami Spesifikasi Kaca Film Sebelum Membeli

Tidak Ada Istilah Biar Murah Asal Selamat



Teknologi yang satu ini nyaris kurang menarik untuk diperbincangkan bahkan seolah-olah tidak pernah ada. Kalaupun diperbincangkan, itupun dengan tidak terlalu serius. Padahal kenyamanan berada di dalam kabin kendaraan salah satunya tergantung teknologi ini, yaitu teknologi kaca film. 

Varian Honda Freed yang terbaru didukung teknologi kaca film, new heat rejecting green tinted glass . Menurut keterangan pers PT Honda Prospect Motor (HPM) disebutkan teknologi terbaru itu akan membuat kabin semakin sejuk dengan penambahan penangkal panas pada kaca samping dan kaca belakang. 

Fungsi kaca film saat ini sudah sangat beragam, mulai dari menolak panas dan ultraviolet dan sinar inframerah sehingga udara di dalam kendaraan tetap sejuk, tidak membuat pandangan menjadi silau, sampai pada pemberian privasi pengendara di dalam kabin kendaraan. 

Selain kaca film harus ramah lingkungan dan membantu penghematan listrik atau bahan bakar kendaraan karena mampu melakukan pendinginan kabin yang lebih optimal, kaca film juga harus melindungi interior dalam mobil dari sinar yang merusak.

Mengingat harga kaca film yang sangat variatif sesuai kelebihan yang ditawarkannya tentu Anda harus memahami dengan benar fungsi dasar kaca film dan spesifikasi yang menyertainya. Pilihan yang tepat akan membuat Anda dan keluarga nyaman sepanjang waktu berada di dalam kabin kendaraan. 

Berikut ini hal yang harus jadi focus perhatian saat memilih kaca film yang tepat:

Ultraviolet Reflectance (UVR)
Jenis kaca film dengan spesifikasi seperti ini mampu menolak siar ultraviolet yang dapat membuat interior mobil berbahan kulit menjadi pecah dan memudarkan warna interior mobil. Umumnya kaca film bermerek terkenal sudah dapat menolak UV 99 persen.

Visible Light Transmittance (VLT)
Yang satu ini erat dengan persentase kegelapan kaca film, karena pada umumnya kaca mobil sebelum dipasangi kaca film hanya menolak cahaya 5 persen. Kaca film yang terlalu gelap akan menyulitkan pandangan saat harus mundur di malam hari, karena membuat pandangan ke spion tidak jelas.

Infrared Reflectance/Rejected (IRR)
Kaca film jenis ini mampu memantulkan sinar inframerah dengan baik. 

Total Solar Energi Rejcted (TSER)
Semakin besar persentase TSER, akan semakin baik karena menandakan kemampuan kaca film untuk menolak panas yang masuk melalui kaca film secara total.

Pada akhirnya pilihan bijak ada di tangan Anda, karena semakin lengkap kemampuan yang dimiliki sebuah kaca film mobil, semakin mahal juga harganya. Tentu harga itu sebanding dengan kemanan dan keselamatan dalam berkendara. Jadi pilih mana?

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.