Senin, 28 Mei 2012

Bagaimana Mengubah Kebiasaan Buruk?

Alah Bisa Karena Biasa


Kebiasaan adalah sesuatu yang seringkali kita lakukan. Semakin banyak hal tersebut dilakukan maka akan semakin terbiasa bahkan juga juga berarti semakin sulit meninggalkannya.

Celakanya tidak semua kebiasaan itu baik, walau juga tidak dapat disebut buruk. Seperti kebiasaan yang sering dilakukan para pelajar kita setiap malam selepas magrib dengan duduk di depan komputer hanya untuk main game, meng-update status di Facebook dan membuat timeline di Twitter. Atau kebiasaan lain seperti menggenggam HP, SMS-an dan telefonan dengan pacar.

Mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut tadi menjadi kebiasaan yang lebih bermanfaat seperti mengulang pelajaran sekolah yang menjadi tugas utama pelajar tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Kendatipun demikian setiap orang harus berusaha secara sadar merubah kecenderungan-kecenderungan yang sudah menjadi kebiasaan pelajar Indonesia tersebut.

Ada hal yang lebih penting untuk dilakukan daripada sekedar meng-update status di Facebook, membuat timeline di Twitter atau SMS-an dengan pacar. Luangkan setengah waktu kegiatan itu untuk hal-hal yang lebih positif seperti mengulang kembali pelajaran sekolah dan mempersiapkan diri untuk pelajaran esok hari.

Dengan meluangkan waktu untuk belajar sama dengan mengejar selangkah ketertinggalan dari negara-negara dan bangsa-bangsa lain yang lebih maju. Hal sederhana yang dapat dilakukan misalnya membuka kamus dan menghapal tiga sampai 5 kata perhari bahasa asing, suatu saat kita dapat menguasai dunia.

Kunci keberhasilan untuk mengubah kebiasaan yang tadinya biasa-biasa saja menjadi hal luar biasa adalah berani mencoba. Cobalah sekalipun berat untuk dilakukan! 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.