Monday, May 21, 2012

Kesehatan Mulut Penting Saat Hamil

Kesehatan Berawal dari Kebiasaan Baik


Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita paling rentan terhadap penyakit, dan kebanyakan wanita hamil cenderung mengabaikan kesehatan mulut mereka. Kesehatan gigi dan mulut pada ibu hami dapat mempengaruhi kesehatan janin, bahkan ibu hamil yang memiliki periodontal tujuh kali lebih mungkin memiliki bayi prematur.

Dari sebuah penelitian terungkap bahwa 80 persen ibu hamil, rata-rata mengeluh mengalami komplikasi mulut. Dan ketika masalah tersebut tak langsung diobati, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan fatal.

"Gingivitis (radang gusi) selama kehamilan merupakan komplikasi oral yang mempengaruhi banyak ibu hamil. Perdarahan, bengkak, merah atau tender gusi dan bahkan bau mulut adalah beberapa gejala radang gusi pada masa kehamilan," menurut Dr D Gopalakrishnan (Times of India).

Sangat penting bagi wanita hamil untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut. Akan lebih baik lagi wanita yang akan menjalani rencana program kehamilan secara rutin memeriksakan kesehatan giginya ke dokter.

Dengan kebersihan mulut yang terjaga dan diet kaya serat, mineral dan vitamin, wanita  dapat memastikan kesehatan yang baik selama kehamilan. Mulailah dengan menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut, dianjurkan juga berkumur dengan obat kumur anti bakteri. Namun sebelum menggunakan obat kumur, berkonsultasilah dengan dokter Anda. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.