Wednesday, May 30, 2012

Dari Ken Dedes Ke Lady Gaga dan SBY

Anekaria Facebooker Indonesia


Kali ini saya dibuat tersenyum tiada henti setiap membaca status Facebook atau komentar photo-photo. Facebook memang mampu menghadirkan potret parodi kekinian secara jurnalistik nan unik. Facebooker meng-update statusnya dari waktu ke waktu dengan kreatif seiring perkembangan jaman.

Berikut ini aneka sajian yang unik dan menarik dari rekam jejak kiriman teman-teman Facebooker ke kronologi Saya atau ke beberapa grup Kami. Yakinlah bahwa ini layak diapresiasi!

Prajna Parameshwarie di Grup Komunitas Sastra Sukabumi menulis:

Kerajaan Singosari yang terkenal dengan Ken Arok dan Ken Dedes-nya. yang mengilhami dan memunculkan cita-cita penyatuan Nusantara oleh Kertanegara, yang membenihkan mozaik besar berupa Majapahit yang kita bangga-banggakan hingga kini, dan berkembang menjadi Indonesia,  hanya berusia 70 tahun dengan rotasi pergantian hingga 5 raja. 70 tahun, seumuran manusia.

Bagaimana dengan Indonesia? Negeri kita tercinta? Lembaga negara yang mengayomi wilayah dimana kita lahir, menginjakkan kaki, bernafas, lalu mati? Apakah akan mampu bertahan hingga berabad-abad? Sedangkan kita bisa jumpai negeri ini porak poranda....

Kemudian Johanes Windarso menandai Saya di sebuah photo Lady Gaga:

SINGAPURA : "ALHAMDULILLAH LADY GAGA DI INDONESIA BATAL....."

Demikian kira-kira bunyi ucapan syukur para pebisnis Singapura. Negeri tetangga ini memang sangat piawai menampung "muntahan rezeki" dari negeri besar tetangganya : Indonesia. Singapura adalah pihak yang paling diuntungkan dengan batalnya konser Lady Gaga di Jakarta, Indonesia. Betapa tidak? Tak sedikit orang Indonesia yang akan berbondong-bondong ke Singapura untuk nonton konser Lady Gaga. Selain pihak penyelenggara konser, tak pelak lagi pihak airline, hotel dan obyek-obyek belanja di Singapura dipastikan akan ikut menikmati kedatangan turis dadakan ini.

Karena di Indonesia konser Lady Gaga diributkan melulu, banyak selebriti Indonesia diam-diam memborong tiket konser Lady Gaga di Singapura. Singkat kata, pertarungan antara FPI vs Lady Gaga yang demikian seru itu, akhirnya malah dimenangkan oleh Singapura, yaitu mendapat jatah limpahan penonton dari Indonesia yang jumlahnya bisa melebihi penonton dari Singapura sendiri. Indonesia boleh gigit jari dan tudingan sebagai negeri surganya perusuh yang mentolelir anarki semakin menguat di mata dunia... Apa boleh buat....

> Demikianlah citra Indonesia sebagai negeri bersahabat, murah senyum dan menjunjung tinggi azas Bhineka Tunggal Ika mendapat ujian yang lumayan berat....
> Akankah kita bisa membuktikan bahwa kita bisa lulus ?! Walahu'alam...

Noerhidayati Zingdue Kazoot  di INDONESIAN AMATEUR PHOTOGRAPHER mengirim ulang photo Presiden SBY yang sangat menggelitik dan kritis sebagai kontrol sosial.

Selamat bagi yang lulus SMA/SMK/MA
……………………………………….
Sebelum kepalamu pening mencari kerja,
atau sebelum ayahmu menjual sawah sambil menahan nafas,
dan ibumu menjual anting mas kawin pemberian ayahmu dulu,
untuk biayamu melanjutkan kuliah.
saya sarankan :

Pergilah kamu & bapakmu ke kantor pajak.
Temui pegawai pajak yang tiap bulan merampas uang hasil keringat bapakmu,
Untuk nafkah mulai dari presiden sampai pejabat yang kroco-kroco itu,
tanyakan padanya :
Sudahkah pemerintah yang digaji bapakmu itu, menyediakan lapangan kerja untukmu?
Sudahkan pemerintah yang ‘mbadok’ duit bapakmu itu, menyediakan pendidikan tinggi yang murah untukmu?

Jika pegawai pajak ngga’ menjawabmu, diam seperti kecoak yang terinjak,
Ciumlah kening bapakmu,
Ciumlah tanah di bawah kakimu,
Ucapkanlah :

“Aku bangga dilahirkan di Indonesia” 


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.