Wednesday, May 9, 2012

Manfaat Tapai Bandung Bagi Tubuh

Jajanan Sehat Untuk Keluarga  


Tapai lebih populer dengan sebutan peuyeum, dan yang terpopuler adalah peuyeum Bandung. Peuyeum ini dibuat dari singkong dengan proses peragian atau fermentasi.

Tekstur peuyeum Bandung agak keras dibanding peuyeum pada umumnya yang lembek dan beralkohol. Hal itu disebabkan karena proses pembuatannya yang digantung dan bukan ditumpuk. Pada tapai yang pembuatannya dengan ditumpuk memicu produksi alkohol lebih tinggi.

Rasa manis peuyeum dipengaruhi oleh kadar gula yang terdapat pada peuyeum. Kadang dapat juga dijumpai peueyeum yang rasanya agak asam, yang disebabkan bakteri yang ada pada proses produksi yang kurang teliti. Selain itu bisa juga karena penambahan ragi yang terlalu berlebihan dan saat fermentasi yang terlalu lama.

Mengonsumsi peuyeum sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fermentasinya dapat meningkatkan kandungan vitamin B1 hingga tiga kali lipat, yang berguna untuk sistem saraf, sel otot, dan sistem pencernaan. 

Peuyeum sebagai produk fermentasi dapat menyehatkan sistem pencernaan dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat. Selain itu dapat juga mencegah anemia karena mikrooragnisme yang berperan dalam fermentasi mampu menghasilkan vitamin B 12.

Mengonsumsi peuyeum tidak boleh terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan infeksi pada darah dan gangguan sistem pencernaan. Beberapa bakteri yang digunakan pada pembuatan peuyeum tidak baik untuk orang-orang dengan sistem imun yang kurang seperti balita, kaum lanjut usia, dan penderita HIV. 

Peuyeum dapat Anda temukan di sepanjang pinggiran jalan antara Jakarta - Bandung. Sebelum menawar perhatikan kebersihan si penjual dan kualitas peuyeum yang bisa dilihat langsung karena biasanya digantung. Carilah peuyeum yang teksturnya agak lembek dan berwarna kekuningan untuk dikonsumsi langsung, atau pilih tekstur yang agak keras bila peuyeum mau dijadikan oleh-oleh.

3 comments:

  1. baru tahu manfaatnya tape.
    ternyata gak cuma enak, tapi banyak manfaat, ada Vit B1 nya. sipp :D

    justru saya baru tahu loh kalau nama Bandung-nya tape itu peuyum :D

    nice info. keep in share yaa :D

    ReplyDelete
  2. kebetulan saya menderita anemia...wah cocok neh, saya suka yang kekuningan

    ReplyDelete
  3. Hmm, kami belum pernah makan.
    Kebetulan besok minggu mau ke Bandung. Semoga bisa mencicipi.

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.