Saturday, May 26, 2012

Mengenal Tour Leader

Melayani  24 Jam Dalam Perjalanan


Tour leader dengan Tour Guide sering dipandang sama, padahal keduanya sangat berbeda tugas dan fungsi. Walau keduanya dapat dipraktekkan oleh satu orang dalam sebuah perjalanan namun alangkah baiknya bila dilakukan dua orang yang berbeda.

Tour leader adalah pemimpin perjalan wisata yang memberikan layanan 24 jam kepada seluruh peserta tour mulai dari berangkat sampai di tujuan. Tour leader bertugas mendampingi perjalanan dan menentukan kapan bus harus tiba di tempat untuk menginap dan makan. 

Tour guide, sesuai dengan namanya, adalah pemandu wisata yang hanya bertugas selama kendaraan berjalan dengan menjelaskan semua hal-hal yang ingin diketahui wisatawan. Namun sesampai di tujuan wisata tugasnya biasanya diambil alih oleh pemandu wisata setempat. 

Untuk menjadi tour leader perlu ketahanan fisik dan mental yang prima. Seorang tour leader harus selalu siap mendapat komplain dari peserta wisata yang tidak puas dengan menu makanan dan juga ketidak nyamanan di tempat menginap. Bila ini terjadi biasanya tour leader akan mengupayakan perpindahan tempat menginap atau tempat rombongan wisata makan dengan berkoordinasi dengan biro perjalanan yang menempatkan dia di rombongan.

Seorang tour leader biasanya minimal lulusan SMIP (Sekolah Menengah Industri Pariwisata), sebuah sekolah kejuruan yang mencetak tenaga lapangan di bidang pariwisata. Lulusan dari sekolah ini secara khusus ditempa untuk siap memasuki dunia kerja di bidang indutri pariwisata dan berada pada lini terdepan.

Rekrutmen tenaga tour leader biasanya dilakukan biro perjalanan ke SMIP dengan memandang kecakapan dan prestasi sekolah tersebut dan juga kualitas lulusan. Tour leader terpilih biasanya akan segera bekerja begitu dia lulus dari sekolah tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.