Sunday, June 24, 2012

Konspirasi Seputar Lumpur Lapindo

Apakah Kleptokorporatokrasi Itu?




Karena ketidaktahuan mengenai masalah pengeboran sehingga membuat para ahli geologi mengatakan bahwa lumpur Lapindo sebagai bencana alam. Hal tersebut menurut Prof Ir Koesoemadinata Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), menjadi salah satu permasalahan yang menyebabkan pertentangan hebat antara dua kubu dalam geologi. Dia menegaskan, tidak cukup hanya sebagai ahli geologi untuk melihat permasalahan lumpur Lapindo, tetapi harus mengerti mengenai masalah pengeboran.


Bahkan Ali Azhar Akbar melakukan riset sejak 2006 hingga 2010 serta merilis Lumpur Lapindo File: Konspirasi SBY-Bakrie? Ali menulis, buku ini tidak hanya mengingatkan kembali masyarakat akan peristiwa semburan lumpur Lapindo dan dampaknya, tetapi juga menyingkap adanya konspirasi. Termasuk di dalamnya adanya perampokan APBN yang dilakukan atas kerja sama korporat dengan birokrasi yang disebut kleptokorporatokrasi. 


Analisis buku setebal 449 tersebut menurut Ali, menitik beratkan pada proses pembuatan kebijakan dan siapa yang diuntungkan dari kebijakan menanggulangi semburan lumpur yang menimbulkan penderitaan entah sampai kapan.


Menurut Muhammad Barli, Direktur Eksekutif Lembaga Energi, Mineral, dan Sumber Daya Alam (Lanerba) Bandung, jika soal pengeboran maka perusahaan harus bertanggung jawab 100 persen. Barli juga meminta pihak pemerintah tegas, apakah masalah lumpur Lapindo itu benar-benar bencana atau masalah pengeboran. 


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.