Monday, June 25, 2012

Pesona Pantai Cimanuk di Tasikmalaya

Ke Mana Mengisi Liburan Panjang?




Kawasan pantai pada umumnya berudara panas terik, namun tidak demikian halnya dengan Pantai Cimanuk yang berada di selatan Tasikmalaya. Bibir pantai dan pesawahan serta perbukitan hanya dipisahkan jalan raya sehingga Pantai Cimanuk berudara sejuk.

Pantai Cimanuk menjadi objek wisata pantai selatan Kabupaten Tasikmalaya yang terselamatkan karena dijadikan kawasan konservasi penyu dengan surat keputusan Kementerian Lingkungan Hidup. Sementara pantai-pantai lainnya keasrian dan kenyamanannya terusik akibat aktivitas penambangan pasir besi.

Pada waktu-waktu tertentu sekitar Maret hingga Agustus Pantai Cimanuk menjadi tempat penyu hijau (Cheonia mydas), penyu lekang (Lepidochelys olivacea) dan juga penyu belimbing (Dermochelys coriacea) singgah untuk bertelur. 

Di Pantai Cimanuk, wisatawan dapat berkunjung ke Karangtawulan untuk menaiki karang pada pagi hari guna menyaksikan matahari terbit atau di sore hari menyaksikan matahari terbenam sambil melihat lampu-lampu mercusuar yang terletak di pulau terluar Samudra Indonesia ketika hari menjadi gelap.

Pada hari raya (Lebaran dan Natal) atau musim liburan panjang seperti sekarang, ruas jalan antara Pangandaran Banjarsari Ciamis mengalami peningkatan kepadatan sehingga jalur selatan Tasikmalaya merupakan pilihan alternatif yang tidak terlalu padat. Di sepanjang jalan antara Pangandaran - Cipatujah pengguna jalan dapat menikmati pemandangan alam laut dengan pantai dan tanah pesawahan yang keindahan alamnya sering dapat di temui pada iklan stasiun televisi swasta atau iklan rokok. 

Ada banyak alasan kenapa Pantai Cimanuk dijadikan tempat persinggahan dan menjadi tujuan wisata. Yakinlah, Anda tidak akan menyesal karena harus menempuh 97 KM dari Kota Tasikmalaya ke Pantai Cimanuk. 


1 comment:

  1. wah gambar hasil jepretan saya waktu KKN nih :)
    memang pantainya sangat sangat indah pak

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.