Saturday, June 9, 2012

Tingkatkan Kreatifitas Anak Dengan Peta Pikiran

Jalan Terobosan Kreatif Baru


Kreatifitas pada diri seorang anak harus dioptimalkan oleh guru, orang tua atau orang dewasa di sekitarnya dengan penuh tanggung jawab dengan cara membantu anak berpikir liar dan bebas. Pikiran liar yang dimaksud lebih ke pikiran melihat jauh kedepan, bukan seperti yang dipahami sekarang yang lebih menuju ke pornografi.

Dengan berpikir liar anak akan bebas berimajinasi, walau imajinasi itu saat ini dianggap mimpi namun mungkin juga terwujud di masa depan. Potensi kreatif ini harus dirangsang sedemikian rupa agar berkembang lebih optimal dengan menuangkannya pada peta pikiran.

Peta pikiran adalah cara termudah yang secara kreatif dan efektif untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Peta pikiran membantu otak berpikir secara teratur, terstruktur alami yang memancar dari pusat.

Untuk membuat peta pikiran diperlukan kertas kosong tak bergaris, pena atau spidol berwarna, otak dan imajinasi. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda praktekkan dalam membuat peta pikiran.
  1. Mulailah dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar.
  2. Gunakan gambar atau photo untuk ide sentral, karena gambar melambangkan topik utama.
  3. Gunakan warna, karena bagi otak warna sama menariknya dengan gambar sehingga peta pikiran lebih hidup.
  4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, dan seterusnya.
  5. Buatlah garis hubung yang melengkung.
  6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap cabang atau garis.
  7. Gunakan gambar, karena setiap gambar bermakna seribu kata.
Peta pikiran memberikan manfaat berupa pandangan menyeluruh pokok masalah dan area yang luas, mengumpulkan sejumlah data dan mendorong pemecahan masalah dengan terobosan kreatif baru. Bagi anak peta pikiran juga membantu dalam mengingat, mendapatkan ide, menghemat waktu, berkonsentrasi, mendapat nilai lebih bagus, mengatur pikiran dan hobi, media bermain, bersenang-senang dalam menuangkan imajinasi dan memunculkan kreatifitas.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.