Wednesday, June 6, 2012

Waspadai Tayangan Tidak Mendidik di Televisi

Layar Kaca di Tengah Keluarga


Tidak dapat dipungkiri lagi kalau televisi sudah sangat dalam merasuki kehidupan manusia. Berbagai aktivitas kehidupan manusia ditayangkan di media layar kaca bernama televisi ini, yang diwujudkan melalui bentuk audio dan visual, melingkupi berbagai tayangan  selain film dan berita.

Televisi memiliki dampak baik dan buruk bagi manusia. Dilihat dari sisi baiknya, televisi bisa dimanfaatkan untuk mengetahui informasi dan menambah pengetahuan. Namun di lain sisi, ternyata televisi juga berpotensi membuat seseorang lupa waktu dan bahkan melupakan tugas yang seharusnya segera diselesaikan. Apalagi dewasa ini banyak tayangan televisi yang tidak lagi mendidik, seperti tampilan pergaulan bebas, hedonism, dan bahkan kekerasan sosial.

Televisi memang tidak membahayakan langsung secara fisik sehingga orang tua cenderung membiarkan anak-anaknya menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi dibandingkan melakukan aktivitas fisik di luar. Ancaman bahaya televisi lebih tertuju pada mental dan perilaku, utamanya pada anak yang sudah memiliki kewajiban untuk belajar. Jika orang tua sudah mendukung anaknya untuk terus berada di depan televisi, anak akan terus berada di sana dan melalaikan tugasnya.

Tidak semua tayangan televisi itu buruk. Masih sangat banyak tayangan televisi yang mendidik dan mendorong anak untuk semakin maju. Tinggal bagaimana orang tua mengawasi dan mengarahkan anak-anak mendapatkan tayangan yang sesuai. Karena dengan adanya televisi, sebenarnya kita diharapkan mampu mengambil sisi positifnya dan tidak terbawa oleh hal yang bersifat negatif.

Pesan saya, dampingi anak Anda ketika di sudut kanan televisi tertulis BO dalam arti anak di bawah umur perlu Bimbingan Orang Tua ketika menyaksikan tayangan tersebut. Selamat menonton bersama keluarga!

BACA JUGA:
Feodalisme Gaya Baru dan Demokrasi Indonesia
Kepemilikan Senjata Api dan Kekuasaan
Dekadensi Kepatuhan Sosial
Estafet Pancasila Antar Presiden
Kenali Gangguan Komunikasi Pada Anak

1 comment:

  1. yup, sangat setuju kalau televisi bisa sangat mempengaruhi penontonnya, maka tepat sekali jika anak-anak harus di awasi tayangan yang dilihatnya

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.