Wednesday, July 11, 2012

Media Sosial Pemicu Cyberbaiting?

Efek Negatif Media Sosial di Sekolah




Kekerasan kepada peserta didik berupa kekerasan fisik dan nonfisik oleh oknum guru di sekolah dapat memicu perbuatan kekerasan dalam bentuk lain oleh peserta didik kepada oknum guru yang bersangkutan. Teknologi moderen dalam bidang komunikasi sering menempatkan guru menjadi korban kekerasan yang dilakukan peserta didik yang disebut cyberbaiting.

"Cyberbaiting adalah tindakan peserta didik untuk melukai atau mengumpan guru hingga guru tersebut merasa tertekan, merekam kejadian tersebut pada perangkat mobile/seluler, sehingga mereka dapat mem-posting rekaman tersebut secara online, dan kemudian mempermalukan guru tersebut lewat media sosial online." (Norton Online Family Report: 20111)

Cyberbaiting tentu sangat mempermalukan guru, bahkan membuat seorang guru lebih tertekan oleh ulah peserta didik. Walau pada awalnya cyberbaiting merupakan balasan dari cara guru mengajar yang monoton, terlalu serius, sering kehilangan kesabaran dan memarahi peserta didik, atau kering tanpa humor dan bahkan guru mengantuk saat mengajar sehingga seorang murid menjadi bosan dan bahkan kesal sehingga merekam suasana tersebut, namun tentu saja hal ini tidak dapat ditolerir. 

Kekerasan cyberbaiting oleh peserta didik melalui media komunikasi online seperti Youtube, Facebook, Twitter dan lain-lain akhirnya menimbulkan adanya larangan membawa telepon seluler di sekolah. Alasan selain menghindari cyberbaiting tentu saja mendorong peserta didik lebih fokus dan serius saat berlangsungnya proses belajar dan mengajar di kelas. 

Kekerasan terhadap guru melalui media sosial online tidak akan terjadi jika guru menjunjung tinggi profesionalisme, mendidik dengan sabar dan bahkan lebih kreatif. Kemudian ada kerja sama orang tua murid dan guru dalam melakukan kontrol kepada anak-anak saat berada di sekolah atau pun di rumah untuk menyadarkan mereka bahwa pelajaran lebih utama ketimbang kecanduan terhadap media-media sosial online.     

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.