Thursday, July 5, 2012

Presiden Tidak Bisa Digugat Karena Grasi?

Ketika Hukum Tanpa Hati Nurani



Ketua PTUN Jakarta menyatakan bahwa gugatan atas Keputusan Presiden yang memberikan grasi kepada ratu mariyuana Corby yang diajukan oleh Gerakan Anti Narkotika Nasional tidak dapat diterima. Alasannya, keputusan memberikan grasi tersebut telah sesuai dengan pertimbangan Mahkamah Agung, dan grasi adalah hak prerogatif Presiden.

Menurut Yusril, meskipun Mahkamah Agung berkewajiban memberi pertimbangan atas permohonan grasi sebelum diputuskan Presiden, hal itu tidaklah mengurangi arti bahwa Keppres tentang grasi adalah keputusan tertulis pejabat tata usaha negara. Namun, Keputusan Presiden tentang grasi bukanlah keputusan yang dikecualikan sebagai putusan pejabat tata usaha negara dan seharusnya bisa dijadikan obyek sengketa.

"PTUN memang berwenang menyatakan gugatan tidak dapat diterima apabila apa yang digugat bukan merupakan obyek sengketa TUN," kata Yusril, (VIVAnews, 5 Juli 2012)

Grasi adalah hak prerogatif Presiden, sebagaimana disebutkan dalam penjelasan umum UU Grasi dan hal tersebut bukanlah norma hukum yang bersifat memaksa. Sehingga Granat sebagai Penggugat berhak melakukan perlawanan atas penetapan PTUN. Menurut Yusril, penetapan Ketua PTUN yang menyatakan gugatan tidak dapat diterima tidak sama dengan penolakan atas gugatan.

Memang Yusril dan Granat berhak menggungat kejadian luar biasa dan aneh yang melahirkan grasi untuk seorang Corby. Sayangnya PTUN seolah menutup pintu penyelesaiain tanpa berniat mendengar argumentasi penggugat dan penetapan PTUN tidak menerima gugatan yang dilakukan Ketua PTUN bersifat sepihak. 

Akankah pada persidangan perlawanan lanjutan nanti majelis hakim bermurah hati menyimak agumentasi kliennya secara fair? Sebuah pertanyaan yang tidak membutuhkan bantahan, namun perlu pembuktian pada sebuah fakta bahwa semua orang berkedudukan sama di depan hukum.

BACA JUGA:
Kembalikan Fungsi Trotoar
Ideologi Bancakan Partai Politik
Kemacetan Pemicu Pelanggaran
Kolusi Solusi Kasus Korupsi
Boneka Cantik dari Kaus Kaki
Larangan Penjualan Buku Kepada Siswa Sekolah
Menghindari Kecurangan Pada PPDB OnLine
Sensasi Saweran Ala KPK

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.