Saturday, July 28, 2012

Cara Merawat Mesin Motor Injeksi

Sekarang Bukan Zaman Mendorong Motor Mogok



Teknologi mesin telah berkembang sedemikian pesatnya dan menuntut perlakuan perawatan kendaraan yang berbeda dari masa ke masa. Sayangnya perkembangan teknologi itu tidak seiring dengan perkembangan kemampuan penggunanya dalam merawat mesin. Seperti teknologi mesin injeksi yang sedang tren saat ini yang kadang masih diperlakukan seperti mesin zaman dulu karena faktor kebiasaan.

Mesin injeksi zaman sekarang tidak perlu dipanaskan lagi seperti dulu dan bisa langsung dipakai untuk beraktivitas. Mesin zaman dulu harus dipanaskan karena dapur pacu generasi lama memiliki konstruksi posisi tegak sehingga aliran oli agar lancar perlu dipanaskan. Sedangkan mesin zaman sekarang memakai konstruksi rebah dan spesifikasi oli mesin terbaru adalah rata-rata 10/30 yang lebih encer, sehingga oli bisa mengalir di sela-sela mesin.

Cara kuno menghidupkan mesin dengan mendorong motor pada posisi gigi rendah, misalnya gigi 2 juga tidak berlaku lagi dan harus dihindarkan untuk mesin injeksi. Cara kuno tersebut hanya berlaku untuk mesin dengan dapur pacu berteknologi karburator.

Menurut Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda (AHM), menghidupkan mesin injeksi dengan cara didorong harus dihindari, karena bukan hanya menyebabkan kerja pompa bensin yang bertugas menekan dan menyemburkan bensin lewat injektor tidak aktif. Namun juga mengakibatkan sensor-sensor pendukung ECM tidak berfungsi semestinya. 

Perawatan dan pengecekan aki secara berkala dan mempertahankan kondisi aki tetap prima akan menghindarkan dari mogok di jalan. Ketika sepeda motor injeksi mogok, pemilik tidak harus mendorong seperti motor biasa karena sepeda motor injeksi dilengkapi kick starter yang bisa dipakai ketika aki kehabisan energi.

Selama lampu indikator di panel instrumen tidak memberikan sinyal 1 tanda sensor ada masalah, mesin injeksi masih bisa dihidupkan dengan menyelah kick starter berulang-ulang. Langkah ini dilakukan agar aki yang tekor bisa terisi setrum kembali. Aliran listrik yang disimpan akan membantu proses menghidupkan komponen FI dan sensor-sensornya.

Semoga pengetahuan sederhana ini membantu kelancaran perjalanan mudik Anda dengan sepeda motor injeksi. Gunakan perlengkapan keselamatan berkendara yang semestinya, patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan sampai jumpa di kampung halaman. 

Sumber : Jangan Panaskan Mesin Injeksi Terlalu Lama - ovi, Otokir - PR, 13 Juli 2012

8 comments:

  1. bisa jadi nilai tambahan buat saya dlam memelihara mesin, thanks for tipsnyaaa
    salam sukses :D

    ReplyDelete
  2. benar sekali perlakuan perawatan kendaraan berbeda dari masa ke masa. mengikuti perkembangan zaman yang juga diikuti perkembangan dipelbagai bidang

    ReplyDelete
  3. Hahaha... yang ini juga tepat sekali "Sayangnya perkembangan teknologi itu tidak seiring dengan perkembangan kemampuan penggunanya dalam merawat mesin. "

    ReplyDelete
  4. artikel yang sarat manfaat. terima kasih banyak :) melalui artikel ini saya jadi tahu bahwa Mesin injeksi zaman sekarang tidak perlu dipanaskan lagi seperti dulu dan bisa langsung dipakai untuk beraktivitas.

    ReplyDelete
  5. memang benar Mesin zaman dulu harus dipanaskan karena dapur pacu generasi lama memiliki konstruksi posisi tegak sehingga aliran oli agar lancar perlu dipanaskan. Sedangkan mesin zaman sekarang memakai konstruksi rebah dan spesifikasi oli mesin terbaru adalah rata-rata 10/30 yang lebih encer, sehingga oli bisa mengalir di sela-sela mesin.

    ReplyDelete
  6. Yang perlu diingat adalah Selama lampu indikator di panel instrumen tidak memberikan sinyal 1 tanda sensor ada masalah, mesin injeksi masih bisa dihidupkan dengan menyelah kick starter berulang-ulang.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas informasiny.
    Perawatan dan pengecekan aki secara berkala dan mempertahankan kondisi aki tetap prima memang dapat menghindarkan dari mogok di jalan

    ReplyDelete
  8. iie tapi kenape motor w selalu nembak kaya yang kehabisan bensin gitu .. gg ngerti w padahal bensiin fful tank .. w butuh solusi ???

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.