Monday, July 30, 2012

Berkarya Dari Balik Jeruji

Meniti Masa Depan Dalam Kemandirian



Tak ada yang istimewa dari penampilan Sandra Puspitasari (30) yang terlihat seperti pedagang biasa, sampai dia menyebutkan bahwa dia berasal dari warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bandung. Sandra hadir dalam kegiatan kemitraan, sosialisasi, dan promosi hasil karya warga binaan/napi Lapas Wanita yang berlangsung di Markas Kepolisian Sektor Arcamanik, Kota Bandung  pada 13 Juli 2012 lalu.

Sandra nampaknya berhasil menepis pandangan stereotip masyarakat yang cenderung negatif terhadap narapidana. "Barang-barang hasil karya ini semoga bisa menghapus pandangan negatif terhadap kami. Bahwa orang-orang yang menjalani hukuman pun memiliki keterampilan sebagai bekal hidup selepas dari lapas," katanya.

Harapan seorang Sandra sangatlah sederhana, setelah bebas nanti pemerintah bersedia memberikan modal usaha. Modal itu sangat diperlukan untuk memutus lingkaran setan kejahatan yang bermula dari keterasingan narapidana setelah bebas, mengingat masyarakat belum sepenuhnya menerima kehadiran mereka. Sehingga  selama ini keterasingan itu menjadi alasan bagi eks narapidana untuk menempuh jalan singkat, yakni kembali berbuat jahat.

Disunting dari feature Kehidupan, Bambang Arifianto, PR edisi 17 Juli 2012

BACA JUGA:

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.