Tuesday, July 3, 2012

Kemacetan Pemicu Pelanggaran

Ketika Waktu Demikian Berharga



Keberadaan jalan sangat penting dalam menunjang aktivitas perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Namun, kegiatan pendukung itu selalu mengalami hambatan seiring pertambahan volume kendaraan yang terus mengalami peningkatan cukup pesat.

Dengan semakin padatnya arus lalu lintas dan pertambahan jalan yang tidak seimbang di hampir semua kota besar, menimbulkan kemacetan lalu lintas yang tidak bisa dihindari. Bila semula kemacetan hanya bisa dijumpai pada hari libur, sekarang kemacetan tidak lagi mengenal waktu.

Antisipasi pemerintah untuk menjaga kesinambungan pengembangan wilayah dengan memperhatikan keadilan demi efisiensi pelayanan jasa distribusi dibuatlah jalan tol. 

Sayangnya kenyamanan penggunaan jalan tol tidak berlangsung lama karena rendahnya tingkat disiplin pengguna jalan tol. Sebagai contoh, pengemudi truk tidak lagi melalui lajur kanan saat melewati kendaraan lain tetapi mengambil lajur sebelah kiri.  

Kondisi demikian sampai sekarang dibiarkan terjadi seolah itu hal biasa. Alasan yang memicu pelanggaran seperti itu, karena lajur kanan untuk mendahului hampir tidak pernah kosong. Apalagi dengan volume kendaraan di tol yang terus meningkat dan kemacetan sejak pintu tol sudah sangat tinggi.

Arus jalan tol yang semakin padat akhirnya berdampak negatif pada disiplin pengemudi. Karena pengemudi tidak sabar menunggu untuk melewati lajur kanan, maka pilihan satu-satunya ialah melalui lajur kiri walau ini diketahui juga sebagai pelanggaran. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.