Thursday, July 5, 2012

Kembalikan Fungsi Trotoar

Menuju Wahana Tata Nugraha



Ketika sedang macet, banyak pengguna sepeda motor yang melaju di atas trotoar  untuk menghindari padatnya kendaraan yang sedang mengantre di depannya. Akhirnya terjadi fenomena yang sangat bertentangan. Pejalan kaki semakin tersingkir dari fasilitas yang diperuntukkan baginya dan nyawanya  menjadi sangat terancam.

Trotoar merupakan fasilitas yang disediakan bagi pejalan kaki, di hampir semua kota di Indonesia disulap menjadi tempat pedagang kaki lima. Hal yang tidak efisien dan menciptakan kejenuhan karena kota yang seharusnya tertata rapi menjadi berantakan dan sangat mengganggu.

Pertumbuhan perekonomian dan penduduk yang sangat pesat menjadikan fasilitas yang awalnya disediakan pemerintah untuk mendukung dan mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari akhirnya banyak disalahfungsikan. Pemerintah tentu saja harus memberikan fasilitas yang layak dan mengembalikan hak pejalan kaki untuk bisa memanfaatkan trotoar dengan nyaman. 

Tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menunda penempatan para pedagang kaki lima di tempat semestinya berdagang. Bagaimanapun keberadaan pedagang kaki lima itu akan bisa ditertibkan jika mereka tidak dilindungi pihak tertentu yang sudah menarik biaya restribusi untuk kebersihan, keamanan dan ketertiban. Karena bagi pedagang kaki lima, penarikan biaya-biaya itu diartikan sebagai ijin berdagang.

BACA JUGA:
Ideologi Bancakan Partai Politik
Kemacetan Pemicu Pelanggaran
Kolusi Solusi Kasus Korupsi
Boneka Cantik dari Kaus Kaki
Larangan Penjualan Buku Kepada Siswa Sekolah
Menghindari Kecurangan Pada PPDB OnLine
Sensasi Saweran Ala KPK
Mencegah Demensia Dengan Jin Ji Du Li

1 comment:

  1. terkadang penanganan kaki lima sering dipandang sebelah mata oleh penguasa, sehingga tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan strategis saat perencanaan kota... dan itulah kelemahan dari sistim kita yang mengejar PAD, makanya retribusinya mau diambil tapi gak mau ngurusin...

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.