Wednesday, July 25, 2012

Pentingnya Uji Kompetensi Guru

Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia



Tidak tercantum dalam undang-undang dan dinilai mengada-ada sehingga pelaksanaanya akan diboikot sebagian organisasi guru dan bahkan di PTUN-kan, itulah uji kompetensi guru (UKG). Mengapa UKG demikian meresahkan? Ada apa dengan para guru kita?

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengakui masih rendahnya kualitas para guru. Meski telah ada sejuta lebih guru tersertifikasi, masih banyak datang keluhan mengenai kompetensi dan kinerja mereka. Melaui uji kompetensi awal (UKA) tahun ini diketahui rata-rata nilai kompetensi para guru di Indonesia masih rendah, yaitu 42 dari nilai maksimal 100.

"Kompetensi para guru belum memadai. Kalau kualitas para pengajarnya seperti itu, bagaimana mau mengajar para peserta didik?" kata Musliar Kasim, (PR, 16 Juli 2012).

Fakta tersebut menjadi landasan bagi Kemendikbud untuk tetap bersikukuh menjalankan uji kompetensi guru (UKG) yang diperuntukkan bagi seluruh guru tanpa kecuali. Termasuk mereka yang telah disertifikasi.

Selanjutnya Musliar Kasim mengemukakan, "yang disasar bukan mereka yang sudah bagus-bagus, tetapi mereka yang masih memiliki nilai rendah. Dengan uji komptensi guru, kita punya peta kompetensi. Lewat peta itulah, berbagai program peningkatan kualitas nantinya akan dirancang."

Teqip (Teacher Quality Improvement Pragamme) merupakan program peningkatan kualitas guru yang digagas Universitas Negeri Malang (UM) dan PT. Pertamina sejak tiga tahun lalu. Tahun ini sebanyak 828 guru dari daerah-daerah teringgal di Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Utara mendapatkan pelatihan dengan biaya tersalurkan mencapai Rp 13 miliar. Hingga akhir tahun 2011 lalu, tercatat sudah 1.037 sekolah terimbas program ini dengan jumlah guru yang telah dilatih mencapai 9.775 orang.

Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Suparno mengungkapkan, selain program sertifikasi dari pemerintah, program-program pelatihan guru tetap dibutuhkan untuk menjamin kualitas guru, terutama mereka yang bertugas di daerah tertinggal. 


Pedoman UKG 2012 dan Kisi-kisi UKG 2012 klik di sini

Latihan On Line Uji Kompetensi Pedagogik klik di sini

Latihan On Line Uji Kompetensi Profesional klik di sini

LIHAT VIDEO TUTORIAL UKG 2021  klik di sini




Sumber Gambar : mts - http://buanasumsel.com/depdiknas-perlu-uji-kompetensi-guru/

BACA JUGA: 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.