Friday, August 17, 2012

Bahaya Komplikasi Penyerta Pada Diabetes

Gula Darah Dipertahankan Normal atau Mendekati Normal



Tidak bisa disembuhkan namun dapat dikelola, itulah diabetes. Penyakit degeneratif ini bila dikelola dengan baik akan membuat penderitanya tetap merasa sehat. Caranya adalah dengan pola makan sehat, mengurangi makanan manis, olah raga teratur, serta menjaga berat badan.

Prinsip utama pengelolaan diabetes adalah pengendalian kadar gula darah, karena kadar gula darah yang tinggii dapat menimbulkan berbagai penyakit komplikasi penyerta," kata Prof. Sri Hartini KS Kariadi, dokter spesialis penyakit dalam RS Hasan Sadikin Bandung.

Komplikasi penyerta akibat diabetes tidak dikelola dengan baik dapat berupa gangguan retina mata, gangguan syaraf, gangguan fungsi ginjal, kelainan sirkulasi darah tepi, penyakit kardiovaskuler, bahkan gangguan sirkulasi darah otak.

Sebelum terjadi komplikasi, diabetasi atau orang dengan diabetes, akan mengalami penurunan rasa sehat yang menimbulkan gejala hiperglikemia atau keadaan kadar gula darah tinggi. Keadaan gula darah tinggi ini akan memicu kinerja pankreas agar terus memproduksi insulin. Akibatnya, kondisi pankreas akan semakin tusak karena bekerja terlalu keras.

Selain mewaspadai hiperglikemia, penderita diabetes juga harus waspada terhadap kemungkinan terjadinya hipoglikemia atau kadar gula terlalu rendah. Kadar gula yang terlalu rendah bisa menyebabkan komplikasi penyerta yang membahayakan. Hipoglikemi yang sering berulang dapat menyebabkan gangguan otak seta irama jantung. 

Gejala hipoglikemia pada diabetasi antara lain tasa lapar luar biasa, berkeringat dingin dan banyak, serta jantung berdebar cepat dan gemetaran. Penurunan kadar gula pada diabetasi sifatnya mendadak dan tidak terjadi karena penyakit diabetes yang diderita namun seringkali diakibatkan oleh efek obat penurun kadar gula darah yang dikonsumsi seperti jenis insulin dan sulfonylurea, terlambat makan atau terlalu sedikit mengonsumsi makanan dan olah raga berat secara mendadak.

Apabila mengalami gejala-gejala tersebut, diabetasi disarankan segera meminum air gula atau mengonsumsi apa saja yang mengandung gula. Hipoglikemia harus segera ditangani karena dapat menyebabkan penurunan kesadaran yang bisa mengarah pada kematian. 

"Bila penderita hipoglikemia sampai tidak sadarkan diri, harus segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan suntikan dan infus glukosa," kata Prof. Sri Hartini.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.