Saturday, August 4, 2012

Guru Kompeten Adalah Guru Sejahtera

Harapan Presiden adalah Harapan Guru



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diminta serius meningkatkan kompetensi guru oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Pasalnya, upaya peningkatan kompetensi ini akan berjalan paralel dengan upaya kesejahteraan. 

"Guru memiliki peran penting dalam menyiapkan peserta didik berkualitas yang menjadi generasi masa depan bangsa kita ini. Harus dipastikan guru memiliki kompetensi. Kalau kemarin rata-rata angka kompetensi masih rendah, 42, upaya peningkatan kompetensi  harus dilakukan secara serius," kata Presiden SBY pada konferensi pers seusai rapat kerja dengan Kemendikbud, Selasa (31/7) di Jakarta.

Menurut Presiden SBY, pemerintah telah dan terus melakukan upaya peningkatan kesejahteraan guru. Karena itu, upaya peningkatan ini harus diimbangi dengan kualitas kompetensi mereka. "Harapannya, tak lama lagi, kita akan memiliki guru yang kompeten, sekaligus sejahtera," katanya.

Presiden SBY mungkin selama ini sudah menganggap Guru sangat sejahtera karena menerima tunjangan profesi guru tepat waktu. Padahal Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengakui masih ada permasalahan serius dalam keterlambatan penyaluran tunjangan profesi guru (TPG). 

"Terus terang, ini (keterlambatan penyaluran TPG) merupakan bagian yang harus kami tata. Saya tidak puas atas apa yang terjadi sekarang. Keterlambatan masih terjadi, ada yang tiga bulan, empat bulan, bahkan enam bulan," kata Mendikbud Mohammad Nuh dalam dialog  dengan para guru peserta Uji Kompetensi Guru (UKG), Senin (29/7) di SMPN 19, Jakarta. 

Menanggapi keluhan para guru, Mendikbud mendesak agar dinas pendidikan tiap-tiap provinsi bekerja lebih keras demi memastikan kelancaran penyaluran TPG, "TPG triwulan kedua sebisa mungkin harus sudah cair sebelum 17 Agustus."  

Sumber referensi : PR, 1 Agustus 2012

Pedoman UKG 2012 dan Kisi-kisi UKG 2012 klik di sini

Latihan On Line Uji Kompetensi Pedagogik klik di sini

Latihan UKG Online Guru SD  klik di sini

LIHAT VIDEO TUTORIAL UKG 2021  klik di sini

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.