Monday, August 6, 2012

Faktor Utama Kecelakaan Lalu Lintas

Akibat Kelalaian Manusia 



Kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, selama 2010 sedikitnya 31.234 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Beberapa faktor penyebab kecelakaan itu ialah manusia, kendaraan dan jalan.

Faktor kelalaian manusia yang mengoperasikan kendaraan bermotor adalah penyebab terbesar kecelakaan. Pengemudi mengambil risiko dengan tidak mematuhi peraturan lalu lintas, memacu kendaraan bermotor tanpa memperhatikan batas kecepatan, mengabaikan marka dan tata cara melewati kendaraan lain.

Semua pengguna jalan khususnya pengemudi menginginkan perjalanan yang selamat. Namun dalam setiap perilakunya di jalan sering tidak mengantisipasi keadaan sekeliling, termasuk dirinya sendiri. Untuk itu guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, pengemudi harus menjadikan peraturan lalu lintas sebagai panduan. 

Dalam berlalu lintas, pengemudi kendaraan bermotor memegang peranan paling penting karena menyangkut keselamatan. Pergerakan yang menyimpang dari kendaraan bermotor tidak saja menjadi ancaman bagi dirinya sendiri, tetapi juga pada pengguna jalan lainnya seperti pengendara sepeda motor dan pejalan kaki.

Kecelakaan lalu lintas bisa dihindari bila setiap pengemudi berada pada koridor peraturan lalu lintas, mematuhi undang-undang, peraturan pemerintah, hingga keputusan menteri yang mengatur masalah lalu lintas.  Selain itu pengemudi kendaraan bermotor juga harus memperhatikan kecepatan kendaraan. 

Ketika pengemudi memacu kendaraan bermotor, kecepatan kendaraan harus disesuaikan dengan kelas jalan yang dilalui. Kecepatan kendaraan bermotor yang diizinkan di jalan kelas III B bagi mobil berpenumpang adalah 80 km/jam, kecuali untuk kendaraan bermotor dengan kereta gandengan atau kereta tempelan. 

Selain itu, ketika mengikuti kendaraan lain, pengemudi harus menjaga jarak dengan kendaraan lain dan menyesuaikan kecepatan kendaraannya. Jika kecepatan kendaraan bermotor 60 km/jam, jarak yang harus diperhatikan agar aman adalah 60 meter. Namun keadaan ini tidak berlalu saat hujan, karena kondisi jalan yang basah dan licin maka jarak dengan kendaraan di depan harus lebih panjang lagi.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.