Monday, August 27, 2012

Penyewaan Mobil Listrik di Paris

Solusi Krisis BBM 



Ketergantungan terhadap bahan bakar yang berasal dari fosil secara perlahan dikurangi mengingat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menghasilkan emisi gas buang yang tidak ramah lingkungan. Salah satu upaya tersebut ialah dengan menggunakan mobil bertenaga listrik.

Pemerintah Kota Paris mengeluarkan solusi yang dipandang sesuai dengan kondisi ibu kota negara Prancis dengan menyosialisasikan penggunaan mobil listrik. Cara yang ditempuh yaitu dengan program penyewaan mobil listrik yang bisa dipakai masyarakat Kota Paris secara bersama-sama.

Program Autolib di Paris diklaim merupakan konsep transfortasi pertama di dunia yang membuat warga Paris meninggalkan mobil pribadinya dan menggunakan layanan penyewaan mobil listrik tanpa repot harus membeli bensin dan membayar asuransi, pajak, dan biaya pemeliharaan.

Masyarakat yang akan menggunakan Autolib harus mendaftar ke kantor pusat perusahaan atau ke lokasi penyewaan kendaraan listrik. Masyarakat dapat memilih berlangganan harian, mingguan, atau tahunan tergantung kebutuhan dengan biaya sewa mobil listrik Rp 2 juta per tahun.

Penggagas program tersebut adalah Bertrand Delanoe, Wali Kota Paris, dan Vincent Blolore seorang miliarder, dengan menyediakan mobil listrik bernama Bluecar. Bluecar didesain oleh Bollore Group dan Pininfarina, menggunakan baterai polimer litium dan memiliki lecepatan 130 km/jam dengan waktu isi ulang baterai selama 8 jam untuk jarak tempuh 250 km.

Bluecar dilengkapi dengan GPS untuk memudahkan pengemudi menemukan jalan yang dituju. Jika pengemudi mengalami kesulitan, pengemudi cukup menekan tombol biru untuk meminta bantuan. Alarm merah akan menyala di pusat kendali dan bantuan pun datang.

BACA JUGA:
Manfaat Bina Raga
Beda Pendidikan di Indonesia dan Australia
Pejuang Penentang Apartheid
Motor Para Selebriti Dunia
Mengenal Gaya Sepeda FMB
Tips Memilih Sofa yang Sesuai
Papua Tanah Baru Perantauan
Meriam Raksasa Pontianak

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.