Tuesday, August 14, 2012

Tip Aman Mudik Dengan Sepeda Motor

Terapkan Prinsip Terlihat dan Melihat



Konvoi secara berombongan menggunakan sepeda motor dengan sesama teman sekampung halaman dalam rangka mudik tentu sangat menyenangkan. Namun, risiko kecelakaan juga mengancam pemotor yang tidak memperhatikan kondisi motor dan beberapa perilaku pemotor itu sendiri.

Agar suka cita, tenang dan ikhlas selama perjalanan maka niatkan tujuan silaturahmi dengan keluarga dan buah jauh-jauh rasa ingin tampil hebat di jalan raya. Ingat, jangan terburu-buru! Karena sikap itu justru yang meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya selama ini.

Sepeda motor yang akan digunakan untuk mudik juga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Lakukan tune-up mesin, perhatikan tekanan angin ban, perhatikan juga kondisi accu, ganti suku cadang yang sudah tidak layak  dan pastikan sistem listrik dan sistem penggerak mekanikal berfungsi dengan baik.

Tools kit khusus bagi sepeda motor yang sudah dimodifikasi wajib dibawa agar mempermudah penanganan yang biasanya juga memerlukan peralatan tersendiri. Perlengkapan yang sifatnya umum bila dirasa memakan tempat tidak perlu dibawa karena tersedia di bengkel sepanjang perjalanan, termasuk juga spare parts.

Fisik pemotor sangat rentan benturan dengan jalan raya, untuk itu gunakan pelindung diri yang layak seperti helm, jaket, sepatu. Sebagai antisipasi perubahan cuaca sediakan jas hujan yang sesuai dan nyaman. 

Sebelum melakukan perjalanan pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima. Minum suplemen bila perlu. Namun, hindari yang mengandung taurine dan cafein bagi yang tidak tahan karena akan membuat kondisi jantung menjadi tidak stabil. Beristirahat dengan segera di saat letih adalah pilihan bijaksana. 

Terpenting dari semua itu berdo'alah sebelum berangkat dan menyadari bahwa sepeda motor merupakan kendaraan kecil di antara kendaraan lain di jalan raya. Terapkan prinsip terlihat dan melihat dengan cara memakai pakaian yang menyolok, nyalakan lampu, gunakan isyarat suara dan posisikan sepeda motor di luar area blind spot kendaraan lain. 

Akhirnya, selamat jalan kawan.... sampai jumpa di kampung halaman! Minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1433H.

Sumber gambar : NTMC-KORLANTAS POLRI, lantas.polri.go.id

2 comments:

  1. suasana mudik udah mulai terasa. memang bener harus dipersiapkan semaksimal mungkin. jadi mudik nya lancar sampe tujuan.
    salam kang

    ReplyDelete
  2. KABAR BAIK!

    Untuk mengenalkan diri dengan benar,
    Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN LOAN COMPANY]

    Saya adalah pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman segala jenis dengan suku bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda, terapkan hari ini dan dapatkan pinjaman cepat Anda.

    Ada banyak di luar sana yang mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan tetap saja, tapi mereka tidak dapat mendapatkannya. Tapi ini adalah kesempatan finansial di depan pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini.
    Layanan ini membuat individu, perusahaan, pelaku bisnis dan wanita.
    Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:
    Susanbowmanloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.