Wednesday, August 1, 2012

Cara Membagi Prioritas THR

Zakat Fitrah Paling Utama



Tunjangan Hari Raya (THR), adalah sesuatu yang paling diharapkan oleh semua orang di setiap Ramadhan. Sederet kebutuhan telah tersusun rapi sejak jauh-jauh hari dan tentu sangat membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan jumlahnya melampaui anggaran normal kebutuhan sehari-hari.

Ironisnya, THR saja kadang tidak cukup untuk memenuhi semua hajat tersebut. Akibat perencanaan yang kurang matang, gaji bulanan bahkan terpaksa juga dipakai dan selalu terjadi defisit.

THR harus dikelola dengan bijak agar selepas lebaran masih tersisa dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kemudian kebutuhan lebaran seperti kewajiban zakat, makanan khas lebaran, dan kebutuhan sandang tetap terpenuhi.

Menurut Mike Rini Sutikno, Perencana Keuangan dari MRE Financial & Business Advisory, THR memang dana yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika sebagian THR tersebut dialokasikan untuk menambah dana tabungan, atau minimal sedikitnya 10 persen dari THR dialokasikan untuk dana tak terduga untuk menghindari defisit baru kemudian sisa THR digunakan sesuai skala prioritas.

Mike Rini Sutikno membagi skala prioritas seperti berikut, sebagaimana dimuat PR, 30 Juli 2012 :

Prioritas pertama adalah pos amal. Dalam pos tersebut termasuk kewajiban Muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah, zakat mal untuk satu tahun dan zakat profesi bagi mereka yang belum memiliki harta menganggur. Infak dan sedekah juga termasuk prioritas pertama disusul kemudian pemberian Hadiah Lebaran.

Prioritas kedua adalah kebutuhan dana untuk makanan utama seperti daging, ketupat, sayur spesial, buah-buahan, kue kering dan tradisi berkirim makanan.

Prioritas ketiga sifatnya boleh tapi tidak wajib, yaitu kebutuhan membeli busana, mulai dari pakaian, alas kaki sampai mukena. Hari raya tidak selalu identik dengan pakaian baru, cukup busana rapi dan bersih.

Prioritas keempat adalah untuk keperluan mudik. Bagi yang tidak memiliki tradisi mudik, anggaran pos ini dapat dialihkan untuk renovasi rumah, mengecat ulang rumah, atau disimpan pada pos kebutuhan tak terduga.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.