Wednesday, September 26, 2012

Cara Mencegah Terpapar Coronavirus

Semua Jemaah Agar Mengenakan Masker 


Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengeluarkan peringatan agar semua jemaah calon haji mewaspadai penyebaran coronavirus. Dikabarkan tiga orang telah terjangkit dan dua di antaranya meninggal dunia.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan adanya bentuk baru coronavirus yang didiagnosis menjangkiti tiga orang. Dua penderita itu telah meninggal dunia, sedangkan seorang lagi masih menjalani perawatan. Seperti dilansir Arabnews, Kementerian Kesehatan menduga, perubahan cuaca yang sangat ekstrem tahun ini (bersamaan dengan awal musim haji) menghadirkan bentuk baru coronavirus. Jenis virus itu dianggap sebagai salah satu bentuk common cold (flu).

Misi Haji Indonesia 1433 Hijriah mengaku telah siap menghadapi kemungkinan penyebaran virus tersebut dengan melakukan antisipasi berupa penyebaran pengetahuan melalui penyuluhan terhadap dokter-dokter anggota Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan semua jemaah.

Menurut dr Tjetejep Ali Akbar, Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, penyebaran coronavirus tak perlu dicemaskan. Apalagi virus itu berbeda dengan meningitis yang berpotensi menimbulkan kecacatan meski pasien berhasil disembuhkan. 

"Meskipun demikian, kami akan terus memantau. Kepada semua jemaah, kami sarankan agar mengenakan masker dan istirahat yang cukup agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh," tutur dr Tjetjep, Senin (24 September).

Untuk menghadapi virus serupa, Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) pun telah menyiapkan obat-obatan antibiotik dalam jumlah memadai.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.