Sunday, September 23, 2012

Tips Membuat Es Campur

Racikan Es Tradisional Indonesia Sangat Beragam


Tingkat kegagalan dalam meracik dan membuat es buatan sendiri sangatlah minim, apalagi es tradisional Indonesia yang memiliki banyak ragam. Es campur dengan mudah dapat disajikan dalam berbagai variasi isi, bahkan es cendol dapat ditampilkan dalam berbagai versi tergantung daerah asalnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat es segar yang menyegarkan :

Pemilihan jenis bahan isi, dan padu padannya sangat menentukan citarasa es yang dihasilkan. Es segar sangat ditentukan oleh bahan dan padupadan campuran isinya. Isi es bisa berupa buah segar, buah kaleng, kelapa  muda, cincau, pacar cina, mutiara sagu, agar-agar, hunkue, rumput laut atau pun biji delima. Tapai singkong atau tapai ketan dapat juga ditambahkan.

Penambahan berbagai macam cairan, seperti air matang, air kelapa muda, susu cair atau pun santan dapat membuat rasa es menjadi legit, gurih atau wangi. Supaya es terasa lebih legit dapat ditambahkan susu cair. Rasa gurih pada es dapat dimunculkan dengan penambahan garam dan penggunaan daun pandan atau vanili membuat santan yang sebelumnya dimasak dahulu menjadi wangi. Bila menggunakan santan instan, santan cair dapat dihasilkan dengan mengencerkan 1 bagian santan dengan 2 bagian air kemudian direbus dan didinginkan.

Pemanfaatan pemanis yang tepat akan membuat es menarik bukan hanya karena kesegarannya saja. Es tradisional umumnya memanfaatkan gula pasir, gula aren atau pun gula merah sebagai pemanis. Umumnya, gula tersebut dibuat dalam bentuk sirup dengan merebusnya bersama air hingga gula menjadi larut dan kental.  Pemanis lain bisa dipilih sirup tradisional, seperti markisa, sirup kawista maupun sirup rasa buah yang tersedia dalam berbagai rasa. Sirup siap pakai dapat dimanfaatkan dan jauh lebih simpel.

Tampilan es batu membuat es segar tambah menarik. Es batu bisa dicetak dalam berbagai bentuk, bisa juga tampil dalam bentuk dikepruk sehingga menjadi pecahan kecil-kecil atau diserut agar menggugah selera. Sirup merah atau susu kental manis yang dikucurkan diatasnya, membuat tampilan es semakin mantap dan menggiurkan. Selain es batu, sajian dingin dapat diperoleh dengan penambahan es puter atau es krim.   

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.