Tuesday, September 18, 2012

Tujuh Persiapan Kesehatan Jemaah Haji

Menunaikan Ibadah Haji Memerlukan Persiapan Fisik



Kloter pertama jemaah haji Indonesia dijadwalkan terbang ke Arab Saudi pada 21 September 2012, mengawali rangkaian kegiatan dari sekitar 211.000 jemaah haji di 12 embarkasi yang akan diberangkatkan musim haji tahun ini. 

Menjalankan ibadah haji tak hanya memerlukan kesiapan batin, namun juga kesiapan fisik. Perubahan suhu dan cuaca berpengaruh terhadap fisik umat yang menjalankan ibadah haji. Maka, kesehatan menjadi faktor utama yang harus diperhatikan oleh jemaah haji selain menjadi poin penting bagi penyelenggara haji. 

Kementerian Kesehatan mengingatkan tujuh persiapan kesehatan yang sebaiknya dilakukan calon jemaah haji Indonesia sebelum menunaikan ibadah haji ke Mekah. Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, masih ada waktu bagi calon jemaah haji sebelum diberangkatkan untuk melakukan tujuh persiapan kesehatan dari sekarang. (www.kemenag.go.id)

Tujuh persiapan kesehatan calon jemaah haji tersebut ialah :

Pertama, para jemaah haji memeriksakan kesehatan ke dokter yang biasa dikunjungi atau dokter terdekat.

Kedua, jika jemaah haji memiliki penyakit kronis dan memerlukan obat secara teratur, agar dapat membawa persediaan obat yang dibutuhkan selama di Tanah Suci.

Ketiga, jika menurut dokter yang biasa menangani di tanah air seorang jemaah haji dinyatakan memiliki masalah kesehatan maka agar tidak lupa meminta surat keterangan dokter.

Keempat, melakukan olah raga teratur seperti jalan kaki sebanyak tiga sampai empat kali per minggu. Dalam perjalan haji minimal terdapat empat rute jalan kaki yang cukup jauh, yaitu tawaf, sai, jalan dari hotel atau pondokan ke mesjid, dan jalan dari kemah di Mina ke tempat melempar jumroh.

Kelima, jika jemaah haji berangkat bersama orang tua berusia lanjut, apalagi memang sudah sakit, harus memiliki pengetahuan tentang menyewa kursi roda atau kemungkinan ikut safari wukuf dan lainnya.

Keenam, mengenali dan mempelajari tentang fasilitas dan pelayanan kesehatan yang ada di Arab Saudi pada musim haji.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.