Monday, September 24, 2012

Pemeriksaan Eletronik Mengintai Kita

Sistem Pemeriksaan Elektronik Itu Disebut Poseidon



Kini, dunia kita semakin merupakan dunia pemeriksaan ID, kamera pemeriksaan, pemindai tubuh, basis data, sidik jari, pembaca e-mail, penyadap telepon seluler, kamera pengasuh anak, pemonitor detak jantung nirkabel, serta ID kartu gesek sekolah dan tempat kerja. Tiga perempat dari berbagai perusahaan di ASkini mengakui bahwa mereka memonitor e-mail, penjelajahan Web, panggilan telepon, dan file komputer karyawan.

Bayangkan seorang anak lelaki Perancis berusia 18 tahun, suatu hari berenang di kolam renang umum dekat sekolahnya. Pada suatu saat, dia pingsan dan penjaga kolam tidak menyadarinya. Akan tetapi, 12 mata mesin besar di bawah air melihatnya tenggelam ke dasar. 

Di kolam renang tersebut telah terpasang sistem pemeriksaan elektronik yang disebut Poseidon, sebuah jaringan kamera yang memberi masukan ke komputer, yang diprogram untuk menggunakan serangkaian algoritme kompleks untuk membedakan antara gerakan normal dan gerakan berbahaya. Poseidon mencakup semua area berenang di kolam renang tersebut dan dapat membedakan antara bayangan kabur, bayangan perenang, dan perenang sungguhan.

Ketika komputer mendeteksi potensi masalah, komputer secara instan akan mengaktifkan bel (beeper) untuk memperingatkan penjaga kolam, serta menunjukkan lokasi kejadian ti layar monitor. Enam belas detik setelah Poseidon mendeteksi anak lelaki tersebut, penjaga kolam akan mengeluarkannya dari kolam renang dan melakukan CPR. Anak tersebut pulih sepenuhnya.

Di Inggris, para pemerintah kota telah memasang kamera televisi sirkuit terbatas (closed circuit television cameras - CCTV) hampir di mana saja. Negara tersebut saat ini memiliki lebih dari empat juta CCTV, satu untuk tiap 15 orang. Rata-rata pengungjung di London kini di rekam dalam video 300 kali dalam satu hari. 

Otoritas Inggris berkesimpulan bahwa semua warga Inggris seharusnya menyadari bahwa semua perilaku mereka di luar rumah akan dimonitor. Efektivitas sesungguhnya kamera-kamera tersebut tidaklah jelas, namun nampaknya masyarakat Inggris setuju dengan penggunaan kamera (Shenk, 2003).

Sumber: Introduction to Information Technologi

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.