Friday, September 14, 2012

Telur Asin Garang Khas Majalengka

Telur Asin Aneka Rasa 


Telur asin selama ini dikenal berasal dari Brebes (Jawa Tengah) dan Indramayu, karena dari kedua tempat tersebut terdapat banyak toko yang menyediakan telur asin. Sebenarnya ada telur asin lain yang rasanya lebih enak berasal dari Majalengka, yang belum banyak dikenal masyarakat bahkan di Majalengka sendiri.

Telur asin Majalengka dikenal dengan sebutan telur asin garang karena proses memasaknya dibakar atau dimasak di atas bara api. Rasa telur asin garang sedikit kenyal, tidak berair dan warnanya agak kusam berbeda dengan telur asin rebus. Telur asin garang, selain rasanya yang khas juga mudah mengelupas ketika dibuka tanpa harus menggunakan sendok atau alat lain.

Terdapat tiga rasa telur asin garang, yaitu telur asin garang biasa, telur asin rasa sup dan telur asin rasa pedas. Pada pembuatan telur asin garang rasa sup, abu dan air rendaman telur selain dibubuhi garam juga dibubuhi merica dan bawang putih. Sedangkan untuk membuat telur asin garang rasa pedas, air rendaman dibubuhi cabai. Lama perendaman berlangsung 10-12 hari dan waktu menggarang bisa mencapai 3 jam.

Harga jual telur asin garang lebih mahal dari telur asing biasa karena proses pembuatannya yang agak rumit, proses perendaman yang lama, bumbu berbeda dan waktu memasak pun berbeda. Telur asin biasa harganya Rp 2.000 - Rp 2.500 per butir, namun telur asin garang mencapai Rp 3.000 per butir. 

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.