Sabtu, 08 September 2012

Tempat Mustajab di Kota Mekah

Berdoa di Seluruh Tanah Haram Di-Ijabah


"Tidak ada di atas permukaan bumi ini satu negara mana pun yang paling di-ijabah untuk berdoa, keculai pada 15 tempat di Mekah dan sekitarnya, yaitu : 1) di dalam Kabah, 2) di depan Hajar Aswad, 3) di depan Rukun Yamani, 4) di bawah talang emas (mizab), 5) di Hijir Ismail, 6) di depan Multazam, 7) di belakang Maqam Ibrahim, 8) di sumur Zamzam, 9) di Safa, 10) di Marwah, 11) di Masy'arilram (dekat Mina), 12, sewaktu wukuf di Padang Arafah, 13) di Jumrah Aqabah, 14) di Jumrah Wustha, dan 15) di Jumrah Ula." (Hadis Rasulullah, diriwayatkan oleh Imam Thabrani).

Kabah, tidak setiap jemaah diizinkan masuk Kabah sehingga sangat sulit berdoa didalamnya, maka cukup berdoa di luar Kabah dengan memohonkan kemuliaan, keagungan, kemurahan, dan keagungan Kabah agar diberikan kepada jemaah yang haji dan umrah.

Di depan Hajar Aswad, batu hitam yang ada di salah satu sudut Kabah (sejajar dengan lampu hijau tempat memulai tawaf), karena sulit bersentuhan dengan atau mencium Hajar Aswad, jemaah cukup berdoa dari kejauhan dengan menghadap ke Hajar Aswad. Mohonkan ampunan, perlindungan serta kebebasan dari utang, kefakiran, sempit hati dan siksa kubur.

Di depan Rukun Yamani, mohonkan kebaikan dunya akhirat, dimasukan ke surga, dan terpelihara dari siksa neraka,

Di bawah talang emas (mizab), mohonkan naungan di bawah 'Arsy dan syafaat Rasullulah pada hari kiamat.

Di Hijir Ismail, membuat ikatan perjanjian dengan Allah, wafatkan ke dalam golongan ahlusunnah waljamaah, rindu bertemu Allah, keselamatan dari fitnah bisikan syetan, dan agar dapat mengambil hikmah dari semua kejadian.

Di depan Multazam (berada di antara Hajar Aswad dan pintu Kabah), mohonkan peliharaan diri (dan keluarga), keutamaan (kelebihan, anugerah, dan kebaikan), perbaikan segala urusan, serta ampunan dosa dan ditinggikan martabat di surga.

Di belakang Maqam Ibrahim, mohonkan pengetahuan terhadap segala hal (zahir maupun batin), kekuatan iman, kelapangan dada, penerangan hati, dan husnulkhatimah.

Di sumur Zamzam, kini sumur Zamzam tidak terlihat karena posisinya tertutup areal tawaf di dekat Maqam Ibrahim, maka ketika di dekat itu atau ketika meminum air Zamzam, bacalah doa, "Allahumma innii as'aluka 'ilman naafi'an wa rizqan waasi'an wa syifaa'an min kulli daa'in wa saqamin bi rahmatika yaa arhamarrahimiin."

Di Masy'arilharam, mohonkan keselamatan di dunia dan akhirat.

Di Safa, ucapkan takbir lalu ucapkan terimakasih dan pujian kepada Allah yang telah memberikan kenikmatan yang luar biasa.

Di Arafah, (sewaktu Wujuf), ucapkan istigfar, serahkan diri kepada Allah, dan mohon dimasukan kepada golongan orang-orang yang istiqamah.

Di Jamarat (Ula, Wustha, dan Aqabah), dengan segala kerendahan hati, serahkan diri kepada Allah, serta mohonkan kebebasan dari siksa di masukkan ke dalam golongan orang shalih.

Selama berada di tanah suci, sebaiknya jemaah memanfaatkan kesempatan untuk memanjatkan doa sebanyak-banyaknya. Namun, sebelum berdoa, jemaah harus memperhatikan adab atau etika berdoa. 

Berikut ini adab berdoa sebagaimana dijelaskan Habib Syarif Muhammad Al'aydrus, Ketua Yayasan Assalam, Kota Bandung. (PR, 8 September 2012)

Pertama, membaca istigfar, sebuah pernyataan diri memohon ampunan atas segala kesalahan dan dosa yang telah dilakukan.

Kedua, membaca hamdalah, bentuk pujian kepada Allah atas berbagai kenikmatan yang telah diberikan kepada hamba-hambaNya.

Ketiga, membaca selawat, bentuk pernyataan kecintaan terhadap Rasullah saw, yang telah membawa umat manusia memperoleh petunjuk dan hidayah Allah.

Keempat, menyampaikan isi doa.

Kelima, diakhiri dengan membaca selawat dan hamdalah, sebagai pengantar dikabulkannya doa sekaligus ungkapan rasa terimakasih kepada Allah dengan harapan doa yang dipanjatkan senantiasa dikabulkan-Nya.  

BACA JUGA:
Madinah Tanpa Situs Bersejarah
Terapi Inkontinensia pada Wanita
Tahapan Pra Program Bayi Tabung
Politik Ekologi Penyebab Krisis Air
Tetap Mesra Masa Menopause
Perawat Alami Organ Intim Wanita
Pentingnya Vaksinasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.