Tuesday, October 30, 2012

Bahasa Inggris Perlu Dihapus di Kurikulum SD?

Siswa SD harus belajar bahasa Indonesia.


Kurikulum pendidikan Sekolah Dasar pada 2013 akan dipadatkan menjadi enam mata pelajaran yaitu agama, pendidikan Pancasila, bahasa Indonesia serta pendidikan jasmani dan kesehatan. Rencana perubahan kurikulum yang menghapus pelajaran bahasa Inggris dari jenjang pendidikan dasar itu tentu saja mengundang polemik.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, menjelaskan bahwa penghapusan itu dilakukan untuk memberi waktu para siswa sekolah dasar  (SD) agar mempelajari bahasa Indonesia sebelum belajar bahasa asing. 

Banyak pihak yang tidak setuju dengan rencana penghapusan bahasa Inggris dari mata pelajaran di sekolah dasar karena jika dilaksanakan maka siswa SD akan sulit bersaing di dunia internasional. Pentingnya bahasa tersebut terlihat saat beberapa siswa SD gagal mengikuti perlombaan tingkat internasional karena kendala bahasa.

Selama ini pelajaran bahasa Inggris di SD hanya diberikan selama dua jam dan lebih banyak pada pengenalan grammar sehingga membuat pelajaran bahasa Inggris terasa sulit dan menakutkan. Padahal, dua jam dalam seminggu saja sudah kurang, apalagi jika dihapus. 

Pengamat pendidikan bidang kurikulum Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Toto Ruhimat, menilai bahwa pelajaran bahasa Inggris sudah diperlukan siswa sejak SD karena sebagai persiapan menghadapi globalisasi. Bahasa Inggris sangat penting untuk diimplementasikan berdasarkan pola kehidupan sekolah.

BACA JUGA :
Bagaimana Kapal Titanic Dibangun
Kiat Memahami Rahasia Pria
Manfaat Haji Bagi Seluruh Negeri
Bagaimana Meningkatkan Etika Kerja?
Oleh-Oleh Haji dari Bandung
Keistimewaan Pemakaman Ma'la di Kota Mekah
Mengenal Sistem Informasi Rumah Sakit
Pentingnya Penyelenggaraan Rekam Medis

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.