Tuesday, October 2, 2012

Julius Caesar Lahir dengan Sectio Caesaria?

Sectio Caesar berdasar Hukum Roma "Lex Regia"

Kelahiran yang rumit dengan faktor resiko tinggi bagi kehamilan lebih dari 10 bulan yang ibunya tidak memiliki harapan selamat, solusinya adalah sectio caesaria. Meski sectio caesaria dilakukan sejak jaman Romawi kuno, namun ternyata caesar tidak berkaitan dengan nama Julius Caesar yang disebut-sebut dilahirkan dengan metode tersebut.

Sejarah mencatat bahwa ibunda Julius Caesar masih hidup dan mengabdi hingga anaknya dewasa. Hal tersebut jelas tidak mungkin, mengingat pada masa itu, tidak ada wanita yang tercatat dapat menjalani operasi caesar tanpa berakhir dengan kematian. 

Sectio caesar awalnya dilakukan berdasarkan hukum Roma, Lex Regia atau lebih dikenal dengan Lex Caesarea, yang menyatakan bahwa bayi yang berada  dalam kandungan wanita yang telah meninggal, harus dikeluarkan melalui sayatan di perut. Ini berkaitan dengan faktor agama, dimana wanita tak boleh dikuburkan dalam keadaan hamil, dan harus ada usaha untuk menyelamatkan janin.

Istilah lain yang dapat menjelaskan sebutan sectio caesaria adalah caedere, kata dalam bahasa Latin yang berarti membedah.

BACA JUGA :
Cara Membangkitkan Gairah di Usia Senja
Berburu Barang Bekas di Bandung
Nasehat Investasi Orang Terkaya No. 2 Di Dunia
Ekstasi Nikmat Sesaat Berujung Maut
Bagaimana Mengontrol Emosi?
Kaki Indah Tanpa Varises

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.