Sunday, October 14, 2012

KPK Melanggar Hukum?

Setelah Kapolri setuju, pengangkatan menjadi pegawai KPK baru bisa diproses.


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dianggap telah melanggar hukum karena mengubah status penyidik Polri yang ditugaskan di KPK untuk menjadi pegawai tetap di lembaga anti korupsi tersebut.

Menurut Margarito, Pakar Hukum Universitas Khairun Ternate, untuk mengangkat anggota Polri yang bertugas sebagai penyidik di KPK sebagai pegawai tetap, harus ada kesepakatan dari Polri dan KPK. Berdasarkan aturan, para penyidik Polri yang ingin menjadi pegawai KPK harus mengajukan surat pengunduran diri terlebih dahulu yang ditujukan kepada Kapolri. Setelah Kapolri setuju, pengangkatan menjadi pegawai KPK baru bisa diproses.

Saat ini terdapat lima penyidik Polri yang ditempatkan di KPK yang habis masa tugasnya dan belum mengajukan surat pengunduran diri ke Mabes Polri. Menurut Brgadir Jenderal Boy Rafli Amar, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, pihaknya akan terus berusaha agar kelima penyidik itu segera memberikan keterangan dan segera melapor. Sementara secara institusional, Polri sudah mengirimkan surat resmi lewat asisten SDM Polri terkait proses membantu pengunduran diri secara formal.

Boy Rafli Amar menduga, tidak kembalinya para penyidik Polri di KPK disebabkan gaji di KPK yang lebih besar. Gaji penyidik di KPK empat kali lipat dari gaji penyidik Polri.

"(Gaji) penyidik KPK dengan pangkat komisaris mencapai Rp 20 juta, sedangkan ajun komisaris hingga komisaris besar mencapai Rp 30 juta. Pokoknya sangat jauh kesenjangannya dengan di Polri," jelas Boy di Jakarta, Jum'at kemarin (PR, 13 Oktober 2012).

KPK memiliki biaya penyidikan yang besar. Boy menjelaskan, biaya satu kasus penyidikan di KPK bisa mencapai Rp 300 juta sedangkan di Polri biaya satu kasus penyidikan tidak lebih dari Rp 37 juta.

BACA JUGA :
Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia
Cermat Sebelum Membeli Obat Herbal
Komitmen Polisi dan Pemberantasan Korupsi
Peran Presiden dalam Sinergi Antikorupsi
Misteri Dibalik Perseteruan KPK versus POLRI

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.