Wednesday, October 24, 2012

Oleh-Oleh Haji dari Bandung

Berbagai macam oleh-oleh haji bisa dibeli di tanah air.



Tanpa pulang membawa oleh-oleh atau buah tangan saat berhaji rasanya tidak afdal bagi kebanyakan jemaah haji kita. Sehingga, oleh-oleh atau  buah tangan biasanya menyita pikiran dan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum berangkat berhaji.

Meski tampak seperti merepotkan diri sendiri dan mengada-ada, fenomena belanja oleh-oleh haji di tanah air  sebenarnya lebih banyak karena dorongan budaya yang sudah kadung melekat. Maka untuk keperluan itu banyak calon jemaah haji yang telah menganggarkan khusus pembelian oleh-oleh. Bahkan anggaran ini bisa dalam jumlah yang fantastis pada kalangan tertentu.

Lazimnya, oleh-oleh dibawa pulang dari Tanah Suci, dipilih barang-barang istimewa atau barang yang menjadi khas daerah kunjungan. Umumnya oleh-oleh para jemaah haji yang utama adalah kurma, kacang arab dan air zamzam. Namun, banyak pula yang membeli barang-barang lain khas Timur Tengah seperti kerudung, sajadah atau karpet buatan Turki. Bahkan tidak sedikit barang-barang cendera mata yang merupakan produk bangsa Asia, seperti India, Cina dan Indonesia.

Karena adanya pembatasan kuota barang bawaan para jemaah, maka para calon jemaah haji mengerem keinginan belanja di Tanah Suci. Maka bukan rahasia lagi jika sebelum pergi ke Tanah Suci, para calon jemaah haji sudah berbelanja barang-barang yang rencananya akan dibagikan kepada keluarga dan handai tolan. Mereka memborong barang-barang, makanan bahkan air zamzam dari tempat-tempat penjualan oleh-oleh haji yang kian bertebaran di tanah air.

Di Pasar Baru Bandung, menjelang keberangkatan para calon jemaah haji, khususnya di lantai IV selalu dipadati pengunjung. Selain berbelanja keperluan untuk bekal ke Tanah Suci, banyak juga yang membeli oleh-oleh untuk dibagikan kelak. Karena biasanya, jemaah membawa oleh-oleh yang benar-benar dari Tanah Suci dalam jumlah terbatas dan hanya cukup untuk saudara atau keluarga dekat saja.

Beberapa jemaah haji yang mendapat jadwal pemberangkatan di awal biasanya memberikan pesan kepada kerabatnya untuk membeli oleh-oleh haji sekitar seminggu sebelum ia tiba di tanah air. Namun, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bahwa oleh-oleh haji bisa dibeli di tanah air.

BACA JUGA :
Keistimewaan Pemakaman Ma'la di Kota Mekah
Mengenal Sistem Informasi Rumah Sakit
Pentingnya Penyelenggaraan Rekam Medis
Ketika Mutu Hasil Pendidikan Dipertanyakan
Hasil Uji Kompetensi Guru Tidak Valid?
Boscha Terancam Polusi Cahaya
Keistimewaan Menara Jam Royal Mekah

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.