Thursday, October 4, 2012

Diagram Periksa Payudara Sendiri

Payudara Menjadi Sensitif Sebelum Menstruasi 



Teknik SaDaRi (Periksa Payudara Sendiri) sangat berguna untuk mendeteksi secara dini, adanya kelainan pada payudara. Bila rajin memeriksa, Anda akan mengenali bentuk dan rabaan payudara sendiri dan bisa segera menemukan bila ada kelainan.

Masalah-masalah payudara yang umum terjadi antara lain benjolan, nyeri, perubahan kulit, pembengkakkan, rasa panas atau terbakar, perubahan bentuk atau ukuran yang tidak wajar, puting melesak ke dalam, keluar cairan selain air susu dari puting, atau benjolan di ketiak. Kelainan-kelainan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai penyakit dan belum tentu disebabkan oleh penyakit keganasan atau kanker.

Nyeri pada payudara (mastalgia), sering menjadi petunjuk awal adanya berbagai kelainan pada payudara. Mastalgia bisa hilang timbul, terus menerus atau hanya nyeri ketika disentuh. 

Mastalgia dibedakan menjadi dua, yaitu mastalgia siklik yang berhubungan dengan menstruasi, dan mastalgia non siklik yang tidak berhubungan dengan menstruasi. Jenis mastalgia yang paling sering ditemukan, adalah mastalgia siklik yang terjadi akibat perubahan hormonal. Sebagian besar wanita mengalami berbagai tingkatan nyeri, saat payudara menjadi sensitif sebelum menstruasi. Beberapa wanita bisa mengalami rasa nyeri saat ovulasi, di tengah siklus, dan berlanjut selama dua pekan hingga menstruasi.

Memeriksa payudara sendiri dapat dilakukan di depan cermin, dengan mengamati adanya perubahan ukuran atau bentuk, perubahan puting, maupun kerutan di kulit. Kemudian sambil berbaring atau berdiri, letakkan satu tangan di belakang kepala. Dengan jari rata dan agak menekan dengan jari, raba seluruh payudara termasuk puting dan ketiak dengan gerakan memutar. 

Sambil memerika payudara Anda, ikuti diagram pertanyaan seperti berikut ini :



"Untuk Pastinya, jika menemukan salah satu dari kelainan tersebut, sebaiknya segera konsultasi ke ahli," kata dr. Ali Bazriad, SpOG seperti di muat OTC DIGEST edisi 64 Tahun VI Desember 2011.

BACA JUGA :
Managemen Nyeri pada Penderita Kanker
Misteri UFO dan Pendaratan Neil Armstrong
Manfaat Bina Raga Bagi Arnold Schwarzenegger
Beda Pendidikan di Indonesia dan Australia
Pejuang Penentang Apartheid
Motor Para Selebriti Dunia
Tips Memilih Sofa yang Sesuai
Papua Tanah Baru Perantauan

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Wah kalau cowo yang baca ini jadi ngeres.....
    but, good posting ...

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.