Wednesday, October 10, 2012

Peran Presiden dalam Sinergi Antikorupsi

Esensi dari pemberantasan korupsi adalah bersama-sama melawan korupsi. 


Konflik antara dua institusi penegak hukum, KPK dan POLRI, kian mengerucut tak lagi sebatas wacana atau dugaan. Terjadi perang opini di media masa yang hiruk pikuk dan membelah dua publik yang mempertentangkan kedua lembaga yang sesungguhnya sama-sama berpijak pada ketentuan perundangan dan formal untuk meneggakkan hukum.

Meruncingnya konflik antara KPK dan POLRI mengindikasikan kurangnya koordinasi dua penegak hukum dan adanya egoisme sektoral kedua lembaga tersebut. Konflik yang berlarut-larut juga bisa dinilai tidak adanya tindakan yang cepat dan tepat juga tidak adanya goodwill para petingginya.  Kesan yang mengemuka di mata publik, kedua lembaga hukum itu menunjukkan, bahwa tidak semuanya bertekad memberantas korupsi.

Kearifan sangat penting dikedepankan dalam menyelesaikan perseteruan KPK dan POLRI. Pemerintah harus tegas dan segera mengambil alih situasi konfliktual dan menyelesaikan inti perselisihan. Tanpa ketegasan pemerintah untuk segera mengambil alih situasi, bukan tidak mungkin akan timbul dampak yang lebih fatal anggapan seolah-olah sengaja menghadap-hadapkan dua institusi penegakan hukum itu pada posisi diametral dan "vis a vis".

Pihak yang paling bertanggungjawab untuk menghentikan konflik berlarut-larut antara KPK dan POLRI adalah presiden sebagai komandan dan pemegang mandat perwujudan reformasi. Presiden mempunyai kekuasaan yang harus digunakan untuk memastikan penegak hukum tidak "mengorup" arah dan tujuan reformasi. Pertemuan antara Presiden, KPK dan POLRI diharapkan akan mengarahkan kedua isititusi (KPK dan POLRI) untuk bersinergi dalam upaya memberantas korupsi.

Esensi dari pemberantasan korupsi adalah bersama-sama melawan korupsi, bukan bertengkar antar sesama pemilik mandat pemberantasan korupsi. Seluruh komponen seharusnya bersatu padu melawan korupsi secara kompak dan serentak. 


BACA JUGA :
Misteri Dibalik Perseteruan KPK versus POLRI
Mengatasi Nyeri Pada Wanita
Benarkah Kiswah Betuah?
Pembasuh Organ Intim Wanita, Amankah?
Pentingnya Vitamin A untuk Ibu Hamil
Diagram Periksa Payudara Sendiri

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.