Friday, October 5, 2012

Pentingnya Vitamin A untuk Ibu Hamil

Vitamin A bisa mengurangi infeksi HIV vertikal dari ibu hamil ke anak. 

Kekurangan vitamin A dan infeksi Ascaris lumbricoides , cacing gelang kelompok cacing perut atau usus (soil transmitted helminthes), masih menjadi masalah kesehatan di negara berkembang. Dalam sebuah literatur dilaporkan, lebih dari 80 juta penduduk di dunia terinfeksi Ascaris lumbricoides. 

Data WHO menyebutkan, sekitar 1000 ibu hamil meninggal per hari karena komplikasi kehamilan dan persalinan. Sekitar 19 juta ibu hamil di benua Afrika dan Asia mengalami kekurangan vitamin A .

Infeksi A. lumbricoides pada ibu hamil mempengaruhi sistem imun dan konsentrasi retinol dalam serum. Dilaporkan bahwa A. lumbricoides menyebabkan perubahan sistem imun ke arah TH2, sehingga produksi sitokin proinflamasi meningkat dan menekan perkemangan TH1. Selain itu, infeksi cacing tersebut menginduksi perkembangan Treg untuk memproduksi sitokin antiinflamasi. Selama kehamilan, semua zat tersebut penting untuk mempertahankan kehamilan atau mencegah abortus spontan. Namun, A. lumbricoides juga menyebabkan kekurangan vitamin A, yang menyebabkan sitokin proinflamasi cenderung meningkat sehingga memperbesar risiko abortus atau stillbirth.

Menurut Drs. Rizal Subahar, M.Biomed, untuk mengatasi hal itu, diperlukan vitamin A untuk ibu hamil. Pemberian vitamin A bukan hanya untuk mengatasi kekurangan. Vitamin A juga terbukti dapat meregulasi sistem imun hospes menjadi lebih protektif, terhadap beberapa infeksi patogen. Beberapa kegunaan vitamin A antara lain, mengurangi infeksi HIV vertikal dari ibu hamil ke anak, menurunkan insiden diare pada anak, pemberian vitamin A dosis tinggi pada anak-anak menurunkan infeksi cacing usus dan Giardia lamblia.

Hasil akhir Penelitian disertasi, Drs. Rizal Subahar, M.Biomed yang berjudul : Pengaruh Pemberian Vitamin A Dosis Rendah terhadap Respon Imun Sitokin Proinflamasi dan Antiinflamasi pada Ibu Hamil Terinfeksi Ascaris Lumbricodes"  mendapati bahwa pemberian vitamin A dosis rendah meregulasi keseimbangan sitokin proimflamasi atau anti inflamasi, terutama menurunkan antiimflamasi sehingga menurunkan intensitas infekasi A. lumbricoides pada ibu hamil.

Penelitian tersebut memberikan pengetahuan baru bahwa pemberian vitamin A dosis rendah, meregulasi keseimbangan sitokin proinflamasi atau anti inflamasi. Terutama dengan menurunkan IL-10 sehingga menurunkan intensitas infeksiA. lumbricodes pada ibu hamil.

Sumber : Ethical Digest, no 103, September 2012.


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.