Wednesday, November 21, 2012

Siapa Paling Bertanggungjawab Atas Bank Century?

DPR tidak perlu lagi menyelidiki Boediono karena masih banyak kerjaan.



Sebagian besar Tim Pengawas Bank Century DPR mendesak untuk segera menggulirkan hak menyatakan pendapat (HMP) terhadap Wakil Presiden Boediono karena bekas orang nomor satu di Bank Indonesia itu dianggap sebagai orang yang paling bertanggungjawab dalam kasus Bank Century.

"HMP menjadi pilihan yang tidak bisa dihindari mengingat Ketua KPK Abraham Samad mengatakan lembaganya, sesuai ketentuan UUD 1945, tidak memiliki kewenangan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap mantan Gubernur BI Boediono yang saat ini manjadi wakil presiden. Menurut Abraham, yang memiliki kewenangan itu justru DPR, melalui mekanisme HMP untuk dapat dibawa ke pengadilan Mahkamah Konstitusi," kata anggota Timwas Bank Century, Bambang Soesatyo, (PR, 21 November 2012).

KPK menaikkan status kasus Century dari penyelidikan ke penyidikan. Hal ini berdasar pada temuan perbuatan melawan hukum serta tindak pidana dalam proses pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek sebesar Rp 683 miliar dan dana talangan senilai Rp 6,7 triliun kepada Bank Century.

Abraham Samad secara resmi mengumumkan dua pejabat BI, BM (Deputi bidang IV Pengelolaan Moneter Devisa BI) dan SCF (mantan Deputi IV bidang Pengawasan) sebagai tersangka. BM adalah Budi Mulya dan SCF adalah Siti Chalimah Fajriyah. Penetapan dua orang ini sebagai tersangka, mengecewakan DPR.     

Bambang mengemukakan kekecewaannya atas kinerja KPK, dalam rapat paripurna banyak disebut nama-nama seperti Boediono, Sri Mulyani, Miranda Gultom, dan lainnya, namun KPK baru mengarah pada dua orang saja.

Marzuki Ali menilai tidak perlu menyelidiki Boediono dalam kasus Century. Menurutnya, orang selalu mengarahkan ke Boediono dan baru mengarah pada dua deputi sambil mengabaikan deputi lain. DPR tidak perlu lagi menyelidiki Boediono karena masih banyak kerjaan.

Menurut Marzuki, keinginan menyelidiki Boediono dalam kasus Century hanya dimunculkan untuk menciptakan kepentingan tertentu. Marzuki menganggap tugas Timwas Century tidak perlu diperpanjang, sebab akan memperburuk suasana politik. 

2 comments:

  1. waduh gmn niy,YG nmnya MARZUKI ALI MAKIN SO KUASA AJH NIYH...MAKSDNYA APAH CENTURY G USH DI PERPANJANG LG.MINTA DI DEMO NI ORANG.CENTURY PAKE DUIT RAKYAT,Y JELAS HRS DI USUT SMPE SETUNTAS-TUNTASNYA N SEJLS2NYA DONG ENAK AJH.DSR BRENGSEK!!!!LO PIKIR CENTURY MAKE DUITNYA PAKE DAON APAH??????

    ReplyDelete
  2. Ya usut tuntas dan selsai sebelum 2014. Sekalian clearance apakah SBY / PD /SMI terlibat ayaukah (katanya) tidak ?

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.