Sunday, November 11, 2012

Cara Mudah Membuat Blog dengan Blogger


Blog tidak berbeda dengan website di internet.



Blog merupakan sigkatan dari “Web log”, salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.

Pada mulanya, blog dibuat sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi tutorial, artikel, photo, bisnis, dan bahkan hanya sekedar curahan isi hati. Secara umum, blog tidak berbeda dengan website pada umumnya yang ada di internet.

Flatform blog atau seringkali disebut dengan mesin blog dibuat sedemikian rupa oleh para designer/programer penyedia blog agar mudah untuk digunakan. Untuk membuat aplikasi web diperlukan pengetahuan tentang pemrograman HTML, PHP, CSS dan lain sebagainya, namun, dengan blog semuanya menjadi sangat mudah bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

Bagaimana membuat Blog di Blogger?
Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger, dimana ketika mendaptar adalah melalui situs blogger.com. Namun, nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : herusupanji.blogspot.com.

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogger di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau user mengubah nama blog dengan nama domain sendiri misalkan herusupanji.blogspot.com di ubah menjadi herusupanji.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.

Namun, internet bersifat sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogger seperti ini mengalami perbedaan dengan apa yang anda lihat di blogger.com.


Membuat Email

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah bahwa anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail.
   

 1. Membuat Email di Gmail.com

Blogger.com sudah di akusisi oleh Google , jadi langkah pertama dalam membuat blog di blogspot ialah kita wajib untuk memiliki akun GMAIL sebagai  email yang digunakan untuk daftar di blogger.com. Walaupun sebenarnya bisa menggunakan email lain, namun sebaiknya menggunakan GMAIL sejak  awal.

Cara Membuat Email di Gmail

Daftar GMAIL gratis buka www.gmail.com lalu klik di pojok kanan atas Create An Account atau Buat Akun. Isi data data di akun gmail yang akan dibuat seperti nama, tempat tanggal lahir , password dan lain-lain.  

Biasanya dalam membuat email di GMAIL kita perlu verifikasi lewat nomor handphone jadi usahakan masukan nomor handphone yang bisa dikirimi sms dari Google untuk verifikasi nantinya.

Setelah email di Gmail dibuat baru kita bisa melanjutkan ke step 2 membuat blog.

2. Daftar di Blogger.com

Setelah membuat email di GMAIL sekarang saatnya daftar di www.Blogger.com. Buka www.blogger.com lalu klik bagian kanan atas yang bertulisan 'sign up atau daftar'. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan bawah, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami.

Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan username/nama pengguna serta password/sandi gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).
  
Isi data-data sesuai keinginan :
  1. email : email GMAIL yang kita buat tadi di tahap 1
  2. Password : pilihlah password minimal 8 karakter
  3. Display Name (nama tampilan) : Merupakan nama yang digunakan sebagai nama kita di akun blog nanti. Misal Heru Supanji, maka nama yang akan muncul ketika posting nanti ialah "posted by Heru Supanji atau diposting oleh Heru Supanji”
  4. Gender (Jenis Kelamin) : pilih kelamin sesuai kenyataan atau kalau ragu pilih "other atau lainnya"
  5. Birthday (tanggal lahir) : masukan dengan format tanggal/bulan/tahun misal jika tanggal lahir 17 agustus 1945 maka yang dimasukkan = 17/08/1945 jika dalam format bahasa inggris seperti gambar dibawah maka format tanggalnya ialah bulan/tanggal/tahun
  6. Word Verification (verifikasi) : masukan karakter yang terdapat di bawah
  7. Lalu centang Acceptance of terms (penerimaan peryaratan), sebaiknya anda membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada agar anda tahu dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika menggunakan layanan blogger.
  8. Klik Continue / Lanjutkan.   
  9. Klik tombol “Blog Baru”.
  10. Isilah formulir :
1.      Judul : Isi dengan judul blog yang di inginkan, misal : Perjalanan Hidupku
2.      Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan. Ingat! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila anda ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan.
3.      Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat ganti kembali).
4.      Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”.
5.      Sampai disini blog telah berhasil di buat.

11.      Untuk menghindari spam filter, sebaiknya anda langsung membuat posting walau sembarang saja. Klik tulisan “Mulai mengeposkan”.
12.  Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “Publikasikan”.
13.   Silahkan lihat blog anda dengan klik tombol “Lihat Blog
14.  Selesai..... Selamat Berkarya!

1 comment:

  1. Cara menghapus "blogspot" di alamat blognya gmn Pak?

    Misal: "kijang.blogspot.com" menjadi hanya "kijang.com".

    Terima kasih...

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.