Friday, November 30, 2012

Komparasi Google Nexus 7 dan iPad Mini

 Google menggandeng vendor Asus



Komputer tablet saat ini masih dirajai oleh iPad. Bahkan, iPad telah menjadi merek generik yang kuat mewarnai pasar sehingga banyak vendor yang berusaha mengdopasi fitur yang dimilikinya. 

Google, sebagai raja internet pun ternyata atak mau tinggal diam. Ketika Apple merilis iPad Mini, muncullah Google Nexus 7. Harganya memang tidak sepadan (iPad Mini Rp 5 juta dan Nexus 7 Rp 2,8 juta), namun kedua merek besar ini layak dibandingkan. Komparasi keduanya dari segi desain layar, aksesori dan kemampuan internet adalah sebagai berikut.

Desain dan Layar

Layar Nexus 7 berukuran pas 7 inci, sedangkan iPad Mini 7,9 inci, perbedaan ini tidak terlihat jelas saat keduanya dioperasikan. 

Google menggandeng vendor Asus, tablet mereka terasa cantik dari sisi tampilan. Tombol menu yang disisipkan terasa fungsional, selain letaknya pas juga mudah digunakan. Sementara desain iPad Mini yang layak diperhatikan adalah pas digenggaman, juga rasio layar yang tetap 4:3 sehingga memungkinkan semua aplikasi iPad seri terdahulu bisa dijalankan di versi terbaru ini.

Aksesori

Google Nexus 7 tidak menyematkan kamera di bodi belakang tablet, juga tanpa slot memori eksternal. Namun, kejanggalan ini ditutupi oleh eksistensi memori internal 32 GB. Fitur multimedia lengkap, Google Play Music dilengkapi equalizer dan kemampuan memutar seluruh format video. Sebaliknya, iPad Mini dilengkapi kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1,2 MP ditambah perekam video kualitas HD. Kekurangannya adalah tidak dilengkapi lampu flash dan memori eksternal. Menu multimedia lain tidak jauh beda dengan Nexus 7.

Internet

Sisi  unggulan keduanya dan nyaris sama, keduanya hanya bisa dijalankan akes WIFI (bukan oleh SIM card biasa). Dengan prosersor dual core 1 Ghz dan RAM 512 Mb di iPad Mini, menu internet tentu mudah dijalankan. Seperti SIRI, menu pencarian semacam Google Search, kini terasa lebih baik dari konten sebelumnya. Juga menu favorit yang siap memuaskan pemiliknya seperti Facebook, Twitter, iTunes, iBook dan App Store.

Nexus 7 hadir dengan sistem Android mutakhir, Jelly Bean, didukung prosesor 1,3 Ghz dan RAM 1 Ghz. Maka, fitur canggih seperti Google Asistant, Say it Offline, Google Now, dst penggunaannya terasa semakin lancar.

1 comment:

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.