Friday, November 2, 2012

Mengenal Sisi Buruk Kuning Telur

Konsumsi satu butir telur per hari sudah melebisi batas asupan kolesterol harian.



Kendatipun kuning telur kaya akan nutrisi, namun, jika dikonsumsi secara rutin ternyata mempunyai efek buruk bagi kesehatan jantung. Para peneliti di London Health Center University Hospital, menemukan bahwa mengonsumsi kuning telur dapat mempercepat penyakit arteri koroner atau ateroklerosis. 

Kuning telur pada akhirnya merusak pembuluh darah, karena kolesterol pada kuning  telur dapat menyumbat arteri karotis yang menyuplai darah ke kepala. Menurut David Spence, ahli neurologi dari Western Ontario University, Kanada, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke. 

Riset Spence dan timnya mengumpulkan sekitar 1.200 responden, perempuan dan laki-laki dengan usia rata-rata 61,5 tahun yang terkait penyakit jantung. Peneliti menggunakan ultrasound untuk mendeteksi jumlah plak di dalam arteri responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi satu butir telur per hari sudah melebisi batas asupan kolesterol harian yang dianjurkan.

"Maka orang yang mengonsumsi lebih dari tiga butir telur atau lebih dalam seminggu menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya, sementara tingginya asupan kolesterol meningkatkan pula risiko gangguan kardiovaskular," kata Spence.

Menurut Spence, efek konsumsi telur dari waktu ke waktu pada peningkatan plak di arteri tidak tergantung dari jenis kelamin, kolesterol, tekanan darah, kebiasaan merokok, indeks massa tubuh, serta apakah seseorang penyandang diabetes. (dikutif dari dailymail). 

BACA JUGA :
Kuning Telur
Waspadai Iklan Obral TKI
Oktober (32)
September (30)
Agustus (32)

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.