Thursday, November 15, 2012

Tiga Pilar Menjaga Kesehatan

"High tech dalam dunia kedokteran, tidaklah sebagus bila Anda melakukan pencegahan."



Kesehatan merupakan faktor terpenting ketika Anda ingin terus melangkah dalam berbagai aktivitas. Tidak terkecuali bagi pensiunan sekalipun. Ketika Anda yakin mampu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi diri Anda dan orang banyak, mengapa Anda harus ragu? Tetaplah optimis dan memang Anda mampu untuk itu!

Berikut ini tiga hal yang dapat menopang Anda agar tetap sehat jasmani, rohani, produktif dan bahagia. Disarikan dari Pensiunpreneur - Pensiun Sukses (Surasono I. Soebari, Jakarta, Penebar Plus, 2008).

1. Olahraga
Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) setelah melakukan riset panjang, pada tahun 2002 menelurkan konsep Healthy Eating Pyramid (Piramida Makan Sehat). Piramid terdiri dari 7 tingkat yang semakin ke atas tingkat konsuminya semakin sedikit.


Hal yang menarik dari piramida makan sehat, olahraga dikategorikan sebagai dasar (nomor 1) yang artinya harus selalu wajib dilakukan. Bagian di atasnya adalah menu padi-padian (nomor 2), sayuran dan buah-buahan (nomor 3), kacang-kacangan (nomor 4), ikan, unggas, telur (nomor 5), produk susu (nomor 6), dan daging merah, mentega, gula pasir, makanan yang manis-manis (nomor 7).

"Semakin lanjut usia seseorang, olahraga semakin menjadi keharusan," kata dr. Sadoso Sumosardjuno, Sp.KO (dokter sepesialis kesehatan olahraga).  Bagi mereka yang sehat, olahraga dapat meningkatkan kebugaran sehingga terhindar dari risiko penyakit seperti stroke, jantung koroner, asma, obesitas dan lain-lain.

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, cukup oahraga selama 30-60 menit, lakukan 3 - 5 kali seminggu. Setiap berolahraga, gunakan rumus, usia + denyut jantung = 170. Misalnya, bila usia Anda sekarang 50 tahun, berolahragalah sampai denyut jantung 120 kali per menit (50 + 120 = 170). Perhitungan ini merupakan takaran yang dianggap pas atau terukur.

Olahraga yang dianjurkan adalah jalan kaki, bersepeda, dan renang. Agar tehindar dari cedera, lakukan pemanasan sebelum olahraga. Lakukan pula pendinginan setelah aktivitas olahraga selesai.

2. Gizi seimbang
Motto "4 sehat, 5 sempurna" (nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan susu) hingga kini masih relevan. Semua kebutuhan tubuh akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral, serta zat-zat lain terpenuhi dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna selama jumlah yang dikonsumsi seimbang dengan yang diperlukan tubuh. 

Menurut pakar nutrisi, bagi yang telah berusia 50 tahun ke atas, konsumsi makanan, dan minuman sebaiknya adalah sebagai berikut.
  • Kurangi karbohidrat (nasi, roti, serta makanan manis-manis seperti gula pasir dan lain-lain).
  • Kurangi makanan berlemak (daging merah, daging bebek, otak, goreng-gorengan, fast food, dan lain-lain).
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol karena jelas-jelas dapat mengganggu kesehatan. Minum soft drink pun jangan terlalu sering.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh.
  • Minum jus buah (apa saja) tanpa gula 1 gelas sehari sangat dianjurkan. Nangka dan durian sebaiknya dihindari karena mengandung gas.
  • Perbanyak minum air putih. Dianjurkan, sedikitnya kita minum 8 gelas atau 2 liter air putih sehari.

3. Gaya hidup sehat
Perkembangan ilmu dan teknologi dalam dunia kedokteran, berkembang sangat pesat. Namun, pemanfaatan teknologi kedokteran tidaklah murah, juga tidak dapat mengatasi semua penyakit atau gangguan kesehatan. "High tech dalam dunia kedokteran, tidaklah sebagus bila Anda melakukan pencegahan," ujar Prof. Dr. Hung Zhao Guang dari China yang mengambil studi  di North Western University, Chichago, AS, di bidang sicknes prevention.

Selain olahraga dan mengatur pola makan, Anda perlu menjalani gaya hidup sehat. Beberapa gaya hidup sehat adalah sebagai berikut.
  • Hidup teratur dalam kebersamaan keluarga.
  • Hindari kelelahan yang berlebihan.
  • Hindari stress, selalu optimis.
  • Hindari begadang, makan minum berlebihan, kurang gerak, minum obat tanpa petunjuk dokter, seks tidak sehat.
  • Tidur 6 - 8 jam per hari.
  • Check up rutin (1 - 2 kali setahun) untuk mengetahui kadar kolesterol, kesehatan organ jantung, paru-paru, lever, ginjal dan lain-lain.
  • Jalankan hobi.
  • Dekatkan diri kepada Sang Pencipta, banyak beramal dan beribadah.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.