Saturday, December 8, 2012

Lima Skor Tertinggi Indeks Persepsi Korupsi

Indonesia Masih Korup di 2012 



Indonesia masih korup di 2012 menurut Daftar Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perception Index) yang diluncurkan Transparency International (TI). Indonesia sejajar dengan Republik Dominika, Ekuador, Mesir dan Madagaskar. Dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, Indonesia dengan skor 32 berada di bawah Brunei Darussalam (skor 55, peringkat 46), Malaysia (49,54), Thailand (37, 88), Filipina (34, 108), Vietnam (31, 123), san Myanmar (15, 172). 

Skor CPI Indonesia tahun ini tidak bisa dibandingkan dengan tahun lalu yang menempatkan Indonesia pada peringkat 100. Pengukuran CPI kali ini menggunakan metode baru. Dengan metode lama, perubahan skor bisa disebabkan karena perubahan yang terjadi di negara lain, bukan karena perubahan di negara sendiri. 

Sebelumnya rentang indeks CPI 1-10, dimana angka 0 dipersepsikan sangat korup dan 10 sangat bersih. Rentang indeks CPI yang baru menjadi 0-100, dimana angka 0 dipersepsikan sangat korup dan 100 sangat bersih. 

Daftar Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perception Index) menurut Transparency International (TI) menunjukkan, lima negara dengan skor tertinggi adalah Denmark (90), Finlandia (90), Selandia Baru (90), Swedia (88), dan Singapura (87). Sementara lima terbawah adalah Somalia (8), Korea Utara (8), Afghanistan (8), Sudan (13), dan Myanmar (15). 

Sekretaris Jenderal TI Indonesia Natalia Soebagjo, di Jakarta, Kamis (6/12), mengatakan bahwa skor CPI sebelum 2012 tidak bisa langsung dikonversi ke rentang CPI baru dengan mengalikan 10. Skor 32 itu menunjukkan Indonesia masih belum dapat keluar dari situasi korup yang sudah mengakar. 

Menurut Natalia, Strategi Nasional (Stranas) Pemberantasan Korupsi yang diterbitkan pemerintah harus banyak diimplementasikan secara konsekuen, bukan didiskusikan terus menerus dalam seminar. Untuk meningkatkan skor CPI, TI mengusulkan agar penyidikan dan penindakan kasus korupsi besar segera diselesaikan, misalnya kasus megaproyek Hambalang, dana talangan Century, dan simulator pengemudi.

1 comment:

  1. KAPAN INDONESIA AKAN LEPAS DARI NEGARA KORUP DAN KAPAN INDONESIA AKAN DI PIPIN SEORANG YG BERANI MENGHUKUM MATI KORUPTOR

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.