Tuesday, December 18, 2012

Kemegahan Istana Maimun di Medan

Istana Maimun, dulunya adalah pusat Kerajaan Deli.



Istana Maimun yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan, saat ini menjadi salah satu istana paling indah yang masih bisa dikunjungi sebagai saksi sejarah kesultanan di Indonesia. Istana Maimun, dulunya adalah pusat Kerajaan Deli.

Istana Maimun terdiri dari dua lantai dengan ketinggian 14,40 meter yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian utama, sayap kiri dan sayap kanan. Istana Maimun memiliki 30 ruangan, belum termasuk kamar mandi, gudang, dapur, dan penjara di lantai bawah. Bangunan utama di dominasi oleh warna kuning.

Singgasana Sultan Deli terdapat di ruang tengah atau balairung seluas 412 meter persegi. Balairung digunakan untuk acara penobatan Sultan Deli atau agenda tradisional lain termasuk acara-acara keislaman. Selain itu, di balairung Sultan juga menerima sanak saudara dan keluarga pada hari libur Islam.

Istana Maimun dibangun oleh Sultan Makmun Ar-Rasyid Perkasa Alamsyah dengan seorang arsitek berkebangsaan Italia pada 1888. Waktu pengerjaannya menghabiskan waktu 3 tahun dengan biaya kurang lebih 1 juta gulden. Istana Maimun diresmikan 18 Mei 1891.

Singgasana Sultan Deli diterangi lampu kristal bergaya Eropa. Pengaruh yang sama  juga terlihat pada perabotan istana seperti kursi, meja, toilet, lemari dan pintu menuju balairung. Beberapa bahan bangunan pun diimpor dari Eropa seperti ubin lantai, marmer dan teraso.

Pola arsitektur dari daratan Eropa seperti Belanda dan Spanyol mempengaruhi desain pintu dan jendela yang tinggi dan lebar. Pengaruh Belanda bahkan terlihat dari prasasti marmer di depan tangga yang ditulis dalam huruf latin dalam bahasa Belanda.

Selain budaya Eropa, budaya Islam juga terlihat memberi pengaruh pada bentuk kurva atau arcade di beberapa bagian atap istana. Kurva berbentuk kapal terbalik yang dikenal dengan Persia Curve sering dijumpai pada bangunan di kawasan Timur Tengah, Turki, dan India. 

Lokasi Istana Maimun sangat mudah dicapai karena berada ditengah kota Medan. Dari Bandara Polonia jarak tempuhnya 10 km, dari Pelabuhan Belawan sekitar 28 km. Istana Maimun terbuka untuk umum setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.


No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.