Thursday, December 13, 2012

Akankah Kurikulum 2013 Lebih Baik?

“Ganti menteri ganti kurikulum, ganti buku.” 


Tahun 2013, kurikulum sekolah di Indonesia untuk SD, SMP, SMA dan sekolah-sekolah menengah kejuruan (SMK) akan diganti dengan kurikulum baru. Kalau dihitung, kurikulum 2006 ternyata hanya berlaku 6 tahun. 

Sejak negara Republik Indonesia berdiri, tercatat pergantian atau perubahan kurikulum sekolah-sekolah terjadi pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1999, 2006, dan 2013. Usia kurikulum paling pendek ialah dari tahun 1964 yang diganti tahun 1968, hanya empat tahun. Yang paling lama ialah Kurikulum 1952 yang diganti tahun 1964, umurnya 12 tahun. Pergantian kurikulum yang relatif sering itu mencuatkan kesan, “Ganti menteri ganti kurikulum, ganti buku.” 

Setiap pergantian kurikulum, nyaris tidak pernah ada keterangan mengapa kurikulum perlu diganti. Setidaknya alasan itu dibicarakan di kalangan pejabat pengambil keputusan di Kementerian Pendidikan. Namun, alasan itu tidak pernah mengemuka, sehingga masyarakat luas, terutama orang tua murid yang secara langsung mendapat beban tambahan akibat perubahan kurikulum tidak mengetahuinya. Bahkan, ironisnya, para anggota DPR juga tidak pernah terdengar ada yang mempertanyakan mengapa kurikulum diganti dan kemana arah masa depan anak didik atau hari depan bangsa ini akan dibawa. 

Kurikulum baru yang akan menggantikan kurikulum lama diyakini lebih baik, namun Kurikulum 2013 yang akan menggantikan kurikulum 2006 belum diuji cobakan agar masyarakat dapat memberikan masukan. Sementara, guru-guru yang akan melaksanakan kurikulum 2013 itu masih akan dilatih dulu. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Kurikulum 2013 sepertinya hanya coba-coba saja terhadap jutaan siswa-siswa sekolah di negeri ini. 

Sangat memprihatinkan, kenyataan tersebut menunjukkan bahwa para ahli yang menjadi pejabat berwenang pengambil keputusan dalam bidang pendidikan, tidak pernah memikirkan anak didik. Semua yang dikedepankan hanya keinginan sendiri atau pendapat sendiri sesuai asumsi atau pendapat yang dimilikinya. 

Kurikulum 2013 yang dibangga-banggakan, akan berapa tahun umurnya? Melihat persiapan yang serba terburu-buru, boleh jadi beberapa tahun ke depan akan ada kurikulum baru yang menggantikannya.

BACA JUGA :
Bagaimana Memahami Aturan Korupsi?
Misteri Seputar Peringkat Korupsi Indonesia
Ancaman Pemutusan Hubungan Kerja di Akhir 2012?
Cara Maria Selena Mengatasi Pro Kontra Miss Univer...
Lima Skor Tertinggi Indeks Persepsi Korupsi
Aturan Pemakzulan Pejabat

1 comment:

  1. ..yaah syukur alhamdulillah Kurikulum ganti lagi... sebagai penyusun buku materi pelajaran , saya menyambut hangat perubahan ini.. Terima kasih Pemerintah ..

    ReplyDelete

Tinggalkan Pesan dan Kesan untuk penyempurnaan WINA PRIVATE COURSE. Terima kasih, Salam.